Penjabat Bupati Sukamara berharap peningkatan kebersamaan melalui Pesparawi

id Penjabat Bupati Sukamara berharap peningkatan kebersamaan melalui Pesparawi, kalteng, sukamara, keagamaan

Penjabat Bupati Sukamara berharap peningkatan kebersamaan melalui Pesparawi

Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor saat memberangkatkan kontingen Pesparawi ‘Gawi Barinjam’ Kabupaten Sukamara, Rabu (26/6/2024). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Kaspinor memberangkatkan kontingen pentas Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) “Gawi Barinjam” guna mengikuti Pesparawi XVII tingkat Kalteng di Kabupaten Pulang Pisau 2024.

“Kita ketahui bersama, bahwa Pesparawi merupakan sarana perjumpaan dan persekutuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan umat Kristen yang ada di Kalimantan Tengah, sekaligus merupakan salah satu upaya mewujudkan tiga sasaran pembangunan bidang agama,” ucapnya di Sukamara, Rabu.

Menurutnya, tiga sasaran tersebut yakni meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pembinaan kerukunan beragama, dan meningkatkan peran serta umat Kristiani dalam pembangunan.

“Saya merasa berbahagia mendengar perkembangan Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Sukamara, karena sejak hari jadi Kabupaten Sukamara yang ke-22, LPPD telah menyelenggarakan kegiatan Pesparawi tingkat Kabupaten Sukamara pada 2008, 2012 dan tahun 2016 lalu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, keikutsertaan s
Sukamara di tingkat Provinsi Kalteng merupakan yang kelima kalinya. Dalam prestasi, mungkin memang belum memberikan yang terbaik, tetapi kita yakin kontingen Pesparawi “Gawi Barinjam” Sukamara suatu saat dapat memposisikan diri sejajar dengan kabupaten/kota lainnya di Kalteng, sekaligus menjadi yang terbaik dalam perlombaan Paduan Suara Gerejawi di masa yang akan datang.

Baca juga: Kalapas Sukamara sebut program kemandirian warga binaan Subseksi Pembinaan berhasil

“Saya berpesan agar seluruh peserta kontingen dapat bersama-sama menjaga kekompakan dan menjaga komunikasi yang baik, serta selalu semangat dalam setiap lomba yang diikuti. Hal ini penting untuk di perhatikan oleh kita semua karena dari sinilah kita sudah menyatakan siap untuk berlomba dan menjadi pemenang,” imbuhnya.

Kemudian, kepada panitia dan pendamping lomba agar memperhatikan hal-hal yang di butuhkan oleh peserta lomba, baik sebelum dan sesudah lomba. Semua diminta menjalin koordinasi di semua seksi demi kesinambungan kontingen.

Dia mengimbau kepada seluruh anggota kontingen untuk menjaga kondisi kesehatan dan istirahat yang cukup, sehingga tetap tampil dengan kondisi prima saat berlomba atau mengikuti kegiatan lainnya. Tetap mengedepankan “fair play” serta menjunjung tinggi sportivitas lomba, dan tetap menjaga nama baik daerah kita dan yang tak kalah penting adalah, bagaimana kita dapat menjadi tamu yang baik di kabupaten lain.

"Selanjutnya, ikut berperan aktif mempromosikan daerah kepada seluruh peserta/kontingen kabupaten lainnya tentang potensi wisata yang ada di Kabupaten Sukamara ataupun produk-produk UMKM kita,” demikian Kaspinor.

Baca juga: Lapas Sukamara tingkatkan sarana prasarana keamanan

Baca juga: Pemkab Sukamara - PSF terus berupaya tingkatkan mutu pendidikan

Baca juga: Tiga tahanan Lapas Sukamara melarikan diri