Lapas Sukamara tingkatkan sarana prasarana keamanan

id Lapas Sukamara tingkatkan sarana prasarana keamanan, kalteng, sukamara, lapas, hukum

Lapas Sukamara tingkatkan sarana prasarana keamanan

Lapas Sukamara meningkatkan sarpras keamanan dengan memperkuat pengelasan besi hunian setiap warga binaan, Sabtu (22/6/2024). ANTARA/HO-Kalapas Sukamara

Sukamara (ANTARA) - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Kaimantan Tengah Joko Prayitno mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana keamanan, khususnya di blok hunian warga binaan.

"Salah satu langkah konkret yang diambil adalah penambahan pengelasan plat besi pada setiap pintu kamar hunian. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir risiko pelarian warga binaan," katanya di Sukamara, Sabtu.

Menurutnya, penambahan pengelasan plat besi pada pintu kamar hunian adalah langkah strategis yang diambil untuk meningkatkan keamanan. Mengingat kondisi tembok lapas yang belum memadai, upaya ini diharapkan dapat memperkuat pengamanan dan mencegah terjadinya pelarian warga binaan.

"Peningkatan keamanan ini sangat penting demi menjaga ketertiban dan keamanan di dalam Lapas. Mengingat kondisi bangunan tembok Lapas Sukamara yang saat ini masih dalam keadaan roboh dan sedang dalam proses pengusulan pembangunan," Joko menerangkan.

Ia menjelaskan, proses pengelasan plat besi ini melibatkan tenaga ahli pengelasan, memastikan bahwa setiap pintu kamar hunian diperkuat dengan maksimal.

Baca juga: Pemkab Sukamara - PSF terus berupaya tingkatkan mutu pendidikan

Langkah ini diambil sebagai respons atas tantangan yang dihadapi Lapas Sukamara dengan kondisi tembok yang roboh. Saat ini, kekuatan pengamanan hanya bertumpu pada kesiagaan petugas yang berjaga dan pagar blok hunian. 

"Kami sangat mengandalkan kesiagaan petugas dalam menjaga keamanan, namun dengan tambahan pengelasan plat besi, kami berharap dapat memberikan lapisan keamanan tambahan yang lebih kuat," tambah Joko.

Oleh karena itu, dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana keamanan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi petugas, warga binaan, dan masyarakat sekitar.

"Dengan langkah-langkah proaktif ini, Lapas Sukamara berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas keamanan dan pelayanan, sambil menunggu proses pembangunan tembok Lapas yang baru," demikian Joko Prayitno. 

Baca juga: Tiga tahanan Lapas Sukamara melarikan diri

Baca juga: Penjabat Bupati Sukamara lantik pejabat baru mengisi jabatan kosong

Baca juga: Pemkab Sukamara dukung pemulihan lingkungan