Polisi tanam ribuan pohon untuk lestarikan alam di Kalteng

id Polda Kalteng,Penanaman Poho ,Mapolsektor Jekan Raya ,Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Agung Budijono

Polisi tanam ribuan pohon untuk lestarikan alam di Kalteng

Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Agung Budijono menanam pohon dalam kegiatan penanaman pohon serentak yang dilaksanakan di Mapolsektor Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kamis (27/6/2024). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) menanam ribuan pohon secara serentak bersama Polres jajaran dengan tujuan melestarikan alam di provinsi setempat.

Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol Agung Budijono usai melaksanakan penanaman pohon yang di selenggarakan Polresta Palangka Raya di halaman Polsektor Jekan Raya, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan tidak lain untuk menciptakan lingkungan yang asri dan melestarikan alam di provinsi setempat.

"Kegiatan ini juga sekaligus komitmen Polri dalam menjaga lingkungan untuk anak cucu ke depan, sehingga Kalteng terus lestari dan alamnya terjaga dengan baik," kata Agung Budijono usai melakukan penanaman pohon secara serentak se-Indonesia.

Dia menuturkan, aksi penanaman pohon yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polresta dan Polres se-Kalteng itu menanam sebanyak 1.000 bibit pohon, jadi ketika di total keseluruhan sebanyak 14.000 bibit pohon yang ditanam.


Kemudian, bibit pohon yang ditanam sebanyak itu meliputi seperti pohon ketapang, pohon pete, jengkol dan jenis pohon lainnya. Sehingga mengajak masyarakat di provinsi setempat, untuk turut serta dalam upaya menjaga keasrian Kalteng dengan menanam pohon.

"Dengan adanya kegiatan tersebut sekitar lingkungan Polsektor Jekan Raya dan seluruh wilayah Kalteng dapat semakin hijau dan sejuk," bebernya.

Jenderal Polri berpangkat bintang satu itu menegaskan, langkah nyata tersebut tentunya bukan tanpa alasan, melainkan tindakan ini juga merupakan bentuk komitmen dari Polda setempat dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan kepedulian terhadap alam.

"Semangat kebersamaan antara Kepolisian dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan juga semakin terjalin melalui kegiatan seperti yang baru saja kami lakukan," ungkap Agung.

Orang nomor dua di lingkup Polda Kalteng itu juga menegaskan, kegiatan penanaman pohon ini tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan sekarang, tetapi juga untuk masa depan generasi bangsa mendatang.

"Pada intinya kegiatan kami ini mengandung maksud, agar kesadaran memelihara kelestarian alam adalah tanggungjawab kita semua," demikian Wakapolda Kalteng tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian bantuan sosial (bansos) dan penyerahan beasiswa yang berlangsung di Mapolsektor Jekan Raya.