Coklit warga di Bartim telah mencapai 98 persen

id Ketua KPU Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita, KPU Barito Timur, Barito Timur, Bartim, Kalteng

Coklit warga di Bartim telah mencapai 98 persen

KPU Barito Timur menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilihan 2024, Pemutakhiran Data Pemilih, dan Penyusunan Visi Misi dan Program bakal calon Bupati Barito Timur 2024 dilaksanakan di GPU Mantawara di Tamiang Layang, Selasa (9/7/2024). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita menyatakan bahwa pencocokan dan penelitian (coklit) jelang pemilihan kepala daerah serentak di wilayah setempat, sampai saat ini masih terus dilakukan dan telah mencapai 98 persen.

"Sekarang ini tersisa dua persen dari  jumlah daftar pemilih 84.871 jiwa, yang belum dicoklit," kata Satya Hedipuspita saat Sosialisasi Tahapan Pemilihan 2024, Pemutakhiran Data Pemilih, dan Penyusunan Visi Misi dan Program bakal calon Bupati Barito Timur 2024 di Tamiang Layang, Selasa.

Menurut dia, coklit dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang bertugas melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Di mana Coklit dilaksanakan petugas Pantarlih mulai tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024 atau selama satu bulan.

Satyapun berharap Pilkada di Barito Timur diikuti putra putri terbaik Kabupaten Barito Timur, yang tujuan akhirnya untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap bisa diikuti lebih dari satu, dua atau lebih pasangan calon kepala daerah," ucapnya.

Komisioner KPU Barito Timur Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Zainal Hamli menambahkan, setelah selesai dilaksanakan maka KPU Barito Timur akan menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Barito Timur.

Baca juga: Aster Bonawaty Mangkusari terus melangkah menuju Pilkada Bartim

Penetapan DPS ini akan disampaikan kepada publik secara umum dan KPU akan meminta informasi, saran dan masukan terkait DPS yang disampaikan. Laporan diharapkan dilengkapi dengan data pendukung.

"Itu merupakan bagian dari rangkaian pada Pilkada Barito Timur 2024  untuk menetapkan  Daftar Pemilih Tetap (DPT)," demikian Zainal.

Acara Sosialisasi Tahapan Pemilihan 2024, Pemutakhiran Data Pemilih, dan Penyusunan Visi Misi dan Program bakal calon Bupati Barito Timur 2024 dilaksanakan di GPU Mantawara dan dihadiri perwakilan FKPD, OPD, dan pengurus partai politik.

Baca juga: Tersisa ribuan kuota BPJS Kesehatan untuk masyarakat Barito Timur

Baca juga: Sebanyak 75 anak ikuti sunatan massal gratis Pemkab Bartim

Baca juga: Hampir satu bulan harga bahan pangan di Barito Timur stabil