Hampir satu bulan harga bahan pangan di Barito Timur stabil

id Hampir satu bulan harga bahan pangan di Barito Timur stabil, kalteng, bartim, Barito Timur, ekonomi

Hampir satu bulan harga bahan pangan di Barito Timur stabil

Warga membeli kebutuhan harian di Pasar Temanggung Djaya Karti di Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur, Minggu (30/6/2024) ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Berson menegaskan, harga bahan pangan di wilayah setempat dalam keadaan stabil.

“Hampir sebulan ini harga kebutuhan pangan stabil. Tidak ada kenaikan yang berarti,” kata Berson dihubungi dari Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, hal tersebut berdasarkan pantauan di Pasar Temanggung Djaya Karti di Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur dan Pasar Beringin di Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah. Pengawasan ditingkatkan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

“Namun kenaikan tidak banyak terjadi dan kenaikan tidak terlalu signifikan,” kata Berson.

Di Pasar Temanggung Djaya Karti Tamiang Layang, harga bahan pangan seperti cabai merah dan hijau besar Rp80 ribu per kilogram, cabai rawit Rp4- ribu per kilogram, bawang putih Rp45 ribu per kilogram, sedangkan bawang merah  Rp35 ribu per kilogram.

Baca juga: Penjualan emas di Bartim meningkat di masa tahun ajaran baru

Harga daging ayam Rp45 ribu per ekor, harga daging sapi Rp160 ribu per kilogram, harga ikan Gabus Rp50- Rp80 ribu per kilogram tergantung ukuran, ikan nila Rp45 per kilogram. Sedangkan gula kemasan merek Gulaku Rp23 ribu per kilogram, sedangkan gula pasir eceran Rp17 ribu per kilogram.

Beras kemasan merek lapo ijo Rp80 ribu per z
sak kemasan 5 kilogram, sedangkan harga beras Siam Mayang Rp85 ribu per 5 kilogram atau gantang.

“Untuk beras lokal dan beras Jawa  tidak ada mengalami kenaikan harga. Masih seperti hari-hari biasa saja,” kata Berson.

Berson mengakui memang ada kenaikan harga pada lombok merah besar, cabai hijau besar dan cabai rawit. Namun kenaikan harga itu dinilai masih wajar.

“Kenaikannya tidak melonjak, cuman naik sedikit saja dan masih dinilai wajar,” tegas Berson.

Berson juga menjelaskan, seperti halnya kunjungan Presiden Joko Widodo kemarin, juga memantau kenaikan harga barang dan diketahui tidak ada harga bahan pangan yang melejit naik.

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim sebut kunjungan Presiden ke Barito Timur membawa hikmah

Baca juga: Kanwil Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan Kegiatan Pengharmonisasian Ranperda Barito Timur

Baca juga: Kedatangan Presiden Jokowi berdampak positif bagi RSUD Tamiang Layang