Pemkot Palangka Raya diminta siapkan strategi hadapi era sulit

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, DPRD Kota Palangka Raya, Palangka Raya, Kalteng

Pemkot Palangka Raya diminta siapkan strategi hadapi era sulit

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto (dua dari kanan), pada saat mengikuti apel hari jadi ke-59 Pemerintah Kota Palangka Raya, dan hari jadi ke-57 Kota Palangka Raya, di kantor Wali Kota Palangka Raya, Rabu (17/7/2024). ANTARA/Dokumentasi pribadi.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah setempat, agar lebih mampu menjalankan tugas dengan baik dalam  menghadapi era yang dipastikan akan semakin sulit dengan berbagai tantangan dan tuntutan.

"Di momen hari jadi ke-59 Pemerintah Kota Palangka Raya, dan hari jadi ke-67 Kota Palangka Raya. Harus menjadi momen bagi pemerintah untuk mengatur strategi yang lebih baik," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dirinya menjelaskan, bahwa berdasarkan dengan keinginan para pemimpin pendahulu atau mereka yang mendirikan Kota Palangka Raya, tentunya seluruh pihak bersama-sama mengharapkan pemerintah terus berbenah untuk lebih baik lagi.

Untuk itu, siapapun kepala daerahnya nanti, tentu yang bersangkutan harus memiliki jiwa visioner agar mampu menjawab berbagai tantangan pembangunan.

"Hal ini juga berlaku untuk kepala instansi baik dinas ataupun badan, yang diharapkan memiliki bekerja nyata sebagai perpanjang tangan  kepala daerah," ucapnya.

Sigit juga mengungkapkan, bahwa pemerintah harus terus berinovasi dalam membuat program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, Pemkot Palangka Raya harus terus memacu se-kencang-kencangnya mungkin pembangunan daerah supaya apapun yang tertinggal saat ini bisa dikejar.

"Kalau kita monoton seperti biasa, maka pembangunan yang ada di daerah kita akan tertinggal dari daerah-daerah lainnya," kata Sigit.

Baca juga: Warga Palangka Raya usia 106 tahun dapat prioritas perekaman E-KTP

Politikus PDI Perjuangan ini mengakui, bahwa prestasi yang diciptakan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam berbagai bidang dapat dikatakan cukup bagus, bahkan tidak jarang mendapat peringkat satu secara daerah ataupun nasional.

Hanya saja, jika melihat bagaimana kondisi yang ada di daerah saat ini, Kota Palangka Raya bisa dikatakan masih cukup tertinggal dengan kota-kota lain di Kalimantan. Hal inilah yang menjadi catatan untuk pemerintah ke depannya supaya mampu menyiapkan perencanaan pembangunan terukur.

"Dengan peringatan hari jadi Pemerintah Kota Palangka Raya dan hari jadi Kota Palangka Raya, saya harap bisa menjadi momen penyemangat untuk lebih baik ke depannya," demikian Sigit.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tebar 100.000 bibit ikan betok di Danau Teluk

Baca juga: DPRD Palangka Raya bahas LKPJ APBD Tahun Anggaran 2023

Baca juga: Legislator Palangka Raya ajak semua pihak cegah korban akibat kecubung