Legislator Kalteng minta empat Pj Bupati baru lebih optimal sukseskan pilkada

id DPRD Kalimantan Tengah, Sirajul Rahman, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalteng

Legislator Kalteng minta empat Pj Bupati baru lebih optimal sukseskan pilkada

Anggota DPRD Kalteng Sirajul Rahman. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Sirajul Rahman mengingatkan sekaligus meminta kepada empat orang Penjabat Bupati yang baru dilantik oleh Gubernur Sugianto Sabran, agar dapat turut dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Khususnya untuk menegakkan demokrasi menjelang pemilihan kepala daerah pada November 2024 mendatang, karena peran penjabat bupati itu sangat penting untuk memastikan netralitas pegawainya," katanya di Palangka Raya, Senin.

Anggota DPRD Kalteng itu juga berharap penjabat bupati dapat memonitoring anggaran pilkada telah tersalurkan kepada penyelenggara pilkada atau belum. Hal tersebut tentunya berkaitan dengan kelancaran tahapan-tahapan pilkada yang dilaksanakan di empat wilayah yang baru berganti penjabat bupati, yakni di Kabupaten  Kapuas, Katingan, Lamandau dan Sukamara.

"Memang kekosongan kepala daerah ini akan menjadi kendala tersendiri di suatu daerah, sehingga ini kami nilai sangat baik agar persiapan pilkada dapat lebih maksimal," kata Sirajul.

Dirinya juga menekankan kepada empat penjabat bupati yang baru dilantik agar dapat tetap mengutamakan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Untuk itu, empat penjabat bupati tersebut harus dapat segera beradaptasi dengan kondisi di daerah masing-masing untuk mengoptimalkan pelayanan yang selama ini belum berjalan dengan baik.

"Terus perhatikan pelayanan publik yang terbaik untuk masyarakat, jangan sampai terdapat kegaduhan yang berdampak merugikan masyarakat kita," ujarnya.

Baca juga: Legislator Kalteng minta program pertanian lebih diperbanyak

Politisi dari PKS ini juga berharap, di sisa tahun 2024 ini penjabat bupati dapat memaksimalkan pencapaian pendapatan asli daerah yang hingga kini belum tercapai. Hal ini agar ke depan APBD di masing-masing daerah dapat terus meningkat guna memajukan pembangunan yang ada di empat kabupaten tersebut.

"Selamat dan sukses untuk pelantikan Pj Bupati. Tentu akan menjadi bagian dari penentu kemajuan daerah untuk masa yang akan datang," demikian Sirajul Rahman.

Baca juga: Festival Seni Qasidah jangan hanya ajang perlombaan, kata Waket DPRD Kalteng

Baca juga: DPRD Kalteng minta MTQ KORPRI momen semakin tingkatkan kinerja ASN

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemerintah waspada dampak buruk kemarau