DPRD Gumas dorong pelaku usaha aktif ikuti bazar UMKM

id Wakil Ketua I DPRD Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Binartha, DPRD Gunung Mas, DPRD Gumas, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Gumas

DPRD Gumas dorong pelaku usaha aktif ikuti bazar UMKM

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gumas Binartha dan Sekda Richard meninjau berbagai produk lokal saat pelaksanaan bazar UMKM di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (9/8/2024). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Binartha mendorong sekaligus mengajak para pelaku usaha di daerah setempat, agar lebih aktif mengikuti bazar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Mengikuti bazar UMKM banyak manfaat yang bisa didapat oleh para pelaku UMKM," ucap pria yang akrab disapa Obin itu, saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Rabu.

Politisi Partai Golkar ini menyebut, manfaat yang dimaksud antara lain untuk mempromosikan produk agar semakin dikenal masyarakat, memasarkan produk guna mendapat pembeli baru, memperluas wawasan, dan lainnya.

Kendati demikian, pelaku usaha baru dapat mengikuti bazar UMKM, jika bazar terselenggara. Oleh sebab itu, dia mendorong berbagai pihak untuk rutin menyelenggarakan bazar, guna mendukung kemajuan pelaku usaha.

Seperti halnya bazar UMKM yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Gumas, di sela penyelenggaraan lomba lari 5K di Taman Kota Kuala Kurun, Jumat (9/8). Saat itu Obin didapuk sebagai ketua pelaksana kegiatan.

Bazar UMKM diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, dan meningkatkan kinerja pelaku usaha, baik dari segi kuantitas maupun kualitas produk.

Baca juga: Pemkab Gumas sambut HUT ke-79 RI dengan beragam lomba

"Ke depan kami akan usahakan, agar kegiatan seperti itu bisa kembali dilaksanakan di kabupaten yang kita cintai ini," kata pria kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing itu.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden melalui Sekretaris Daerah Richard turut menyambut baik pelaksanaan lomba lari 5K Karang Taruna kabupaten, yang dibarengi dengan bazar UMKM. Terlebih bazar UMKM diikuti oleh pelaku usaha di berbagai bidang, seperti kuliner, kerajinan tangan, dan lainnya.

"Pemerintah Kabupaten Gumas mendukung penuh kegiatan yang positif dan membangun. Semoga ke depan kegiatan seperti ini bisa kembali diadakan, supaya masyarakat semakin cerdas dan cermat dalam berkarya," demikian Richard.

Baca juga: Disdukcapil Gumas 'jemput bola' rekam e-KTP ke sekolah

Baca juga: DPRD Gumas berharap semakin banyak pedagang yang dibina BPOM

Baca juga: Pemkab Gumas siapkan langkah antisipasi, bantu petani hadapi kemarau