Pemkab Sukamara dan IPB Bogor jalin kerja sama

id pemkab sukamara, pj bupati rendy lesmana, institut pertanian bogor, ipb

Pemkab Sukamara dan IPB Bogor jalin kerja sama

Penjabat Bupati Sukamara Rendy Lesmana saat melaksanakan pertemuan bersama Intitut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Kamis (12/9/2024). (ANTARA/HO-Kominfo Sukamara)

Sukamara (ANTARA) -
Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Rendy Lesmana mengatakan, pihaknya bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor telah melakukan penandatangan kesepakatan bersama di Gedung Rektorat, IPB Bogor, Kamis (12/9).
 
"Kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam upaya kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Sukamara," katanya.
 
Rendy sangat mengapresiasi kesediaan IPB menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
Kerja sama ini juga dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah dengan Daerah Lain dan Kerja Sama Daerah dengan Pihak Ketiga.
 
"Daerah harus dapat menjawab tantangan dan dinamika yang ada, yang secara paralel juga bisa menciptakan birokrasi yang profesional, pelayanan publik dan sumber daya manusia yang berkualitas," jelas Rendy.
 
Menurutnya, pendidikan adalah fondasi utama dalam pembangunan suatu daerah. Melalui kerja sama tersebut, dirinya berharap dapat menciptakan sinergi kuat antara dunia akademik dan pemerintah daerah, sehingga menghasilkan inovasi-inovasi bermanfaat bagi masyarakat.
 
"Penelitian yang dilakukan para akademisi di Institut Pertanian Bogor diharap dapat memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kita," tutur Rendy.

Baca juga: Perbaikan tembok Lapas Sukamara menjadi prioritas
 
Selain itu, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu aspek penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Maka, dengan adanya kerja sama ini, diharap juga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai program pengabdian yang dilaksanakan bersama-sama.
 
"Saya juga ingin mengajak seluruh pihak yang terlibat berkomitmen dalam mengimplementasikan isi dari Kesepakatan Bersama ini dengan sebaik-baiknya. Mari kita bekerja sama dengan penuh semangat dan dedikasi untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan bersama," ajaknya.

Baca juga: Pj Bupati Sukamara ajak generasi muda semangat bangun sektor pertanian

Baca juga: Panen perdana Shrimp Estate Berkah, terus pacu perekonomian Kalteng

Baca juga: Pemkab Sukamara ingin pelaku usaha perikanan semakin kreatif