Warga Bartim senang harga sejumlah kebutuhan pokok alami penurunan

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Barito Timur, Bartim, Kalteng

Warga Bartim senang harga sejumlah kebutuhan pokok alami penurunan

Pedagang ikan di Pasar Tradisional Desa Jaar membersihkan ikan Baung yang dibeli pelanggan di Pasar Jaar Kecamatan Dusun Timur, Minggu (29/9/2024). ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Sejumlah warga di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengaku senang dengan adanya penurunan harga berbagai kebutuhan bahan pokok di wilayah setempat.

Salah seorang warga Bartim bernama Evi disela-sela berbelanja di di Pasar Tradisional Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur, Minggu, mengatakan bahwa harga Ikan Baung yang awalnya Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram, menjadi sekitar Rp35 ribuan.

"Saya tadi beli satu ekor Ikan Baun dengan berat 1,4 kilogram, total harganya Rp55 ribu saja. Jadi, memang ada penurunan harga ikan baung," beber dia.

Pantauan di lapangan harga ikan Lais Tambiring besar masih Rp40 hingga Rp45 ribu per kilogram, Lais Bamban besar Rp70 ribu per kilogram, harga udang sungai besar di bandrol dengan harga Rp100 ribu per kilogram, udang galah Rp120 ribu per kilogram, Ikan gabus/haruan Rp60 ribu per kilogram, ikan Karandang dan toman Rp40 ribu kilogram.

Baca juga: Diperpanjang jabat Pj Bupati Bartim, ini pernyataan Indra Gunawan

Warga Tamiang Layang bernama Atun yang juga berbelanja di Pasar Jaar mengaku, ada perbedaan harga ayam potong dengan Pasar Temanggung Djaya Karti sebesar Rp30  ribu ukuran kecil, Rp40 ribu sampai Rp45 ribu ukuran sedang, dan ukuran besar diatas satu kilogram Rp60 ribu per ekor.

"Saya belum tau kala ada penurunan harga. Cuma senang saja bisa beli ayam dua ekor," kata Atun

Dirinya juga membeli bawang merah dan bawang putih. Harga bawang merah Rp25 ribu per kilogram dan bawang putih Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan minyak goreng sama saja , Rp 16 ribu per liter.

"Kalau ikan asin yang mahal. Ikan asin lais Rp120 ribu per kilogram," demikian Atun.

Baca juga: Sekda Bartim luruskan kesalahpahaman penarikan mobil dinas penjabat bupati

Baca juga: Barito Timur panen perdana padi Inpari 32 perkuat ketahanan pangan daerah

Baca juga: Berikut nomor urut tiga pasangan calon peserta Pilkada Barito Timur