Wakapolda Kalteng sosialisasikan keselamatan berlalu lintas ke komunitas

id Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Rakhmad Setyadi,Ojol ,Komunitas ,Operasi Zebra Telabang 2024,Palangka Raya,Kalteng

Wakapolda Kalteng sosialisasikan keselamatan berlalu lintas ke komunitas

Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Rakhmad Setyadi memberikan sosialisasi terkait tertib berlalu lintas kepada sejumlah komunitas di Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di Pospol Bundaran Besar, Kamis (24/10/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Wakapolda Kalteng) Brigjen Pol Rakhmad Setyadi mensosialisasikan terkait tertib berlalu lintas dalam rangka acara temu komunitas di Pos Polisi Bundaran besar Kota Palangka Raya.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Zebra Talabang 2024 yang bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kalteng," kata Rakhmad Setyadi.

Pada acara tersebut tidak hanya dihadiri oleh Wakapolda Kalteng saja, melainkan juga dihadiri oleh PJU Polda Kalteng, kemudian Dinas Perhubungan (Dishub) Kalteng, Jasa Raharja, serta berbagai komunitas yang beraktivitas di jalan raya, seperti komunitas motor, travel, ojek online (Ojol) dan relawan kebakaran.

Jenderal Polri berpangkat bintang satu itu menuturkan, bahwa tujuan utama dari acara ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama komunitas yang sering berkegiatan di jalan raya untuk berpartisipasi dalam kampanye keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

"Target utama kami yakni memberikan pemahaman terhadap komunitas untuk bersama-sama menggerakkan masyarakat agar lebih sadar terkait pentingnya keamanan, keselamatan dan ketertiban berlalu lintas," ucapnya.

Orang nomor dua di lingkup Polda Kalteng itu juga menambahkan, meskipun angka fatalitas kecelakaan lalu lintas di provinsi yang memiliki luas dua kali dari pulau jawa ini (Kalteng,red) relatif rendah dibandingkan dengan provinsi lain, kepolisian tetap memprioritaskan keselamatan semua pengguna jalan.

"Tentunya kami memiliki prinsip bahwa satu nyawa dan satu orang yang terluka harus kita selamatkan. Potensi kematian, cedera berat, atau kerugian materi yang diakibatkan kecelakaan harus kami tindak. Kami tidak hanya melihat dari angka statistik, tetapi fokus kami adalah menyentuh seluruh lapisan masyarakat, khususnya komunitas yang banyak beraktivitas di jalan raya," ungkap.

Operasi Zebra Talabang 2024 saat ini diharapkan mampu menjadi wadah sinergi antara pihak kepolisian, instansi terkait dan komunitas pengguna jalan raya dalam upaya menurunkan angka kecelakaan serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas di wilayah hukum Polda Kalteng.