Bupati Seruyan Minta Direktur RSUD Benahi Pelayanan

id Bupati Seruyan, Direktur Rsud Benahi Pelayanan, Sudarsono

Bupati Seruyan Minta Direktur RSUD Benahi Pelayanan

Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono. (Istimewa)

Bahkan beberapa waktu lalu dokternya juga sempat tidak ada, memang kondisi ini sangat memprihatinkan, rumah sakit sebesar itu hanya diisi oleh dua orang dokter umum,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono meminta kepada direktur rumah sakit umum daerah setempat agar dapat membenahi kwalitas pelayanan untuk mengurangi keluhan dari masyarakat.

"Direktur rumah sakit harus membenahi segala kekurangan yang ada, termasuk pelayanan masih sering dikeluhkan masyarakat," katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini mengatakan, pelayanan yang banyak dikeluhkan masyarakat adalah dokter sering tidak standby atau tidak berada di rumah sakit saat pasien datang dan memerlukan penanganan segera, akibatnya pasien jadi terlantar.

"Direktur punya peran penting untuk mengatur orang-orang dalam rumah sakit agar dapat mewujudkan pelayanan maksimal sehingga tidak ada lagi dokter yang tidak standby dan tidak ada lagi pasien yang terlantar," katanya.

Ia mengakui, belum maksimalnya pelayanan di dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Seruyan karena memang jumlah tenaga dokter yang masih kurang, baik dokter umum maupun dokter spesialis. Seperti di RSUD Hanau di Pembuang Hulu yang hanya diisi oleh dua orang dokter umum.

"Bahkan beberapa waktu lalu dokternya juga sempat tidak ada, memang kondisi ini sangat memprihatinkan, rumah sakit sebesar itu hanya diisi oleh dua orang dokter umum," katanya.

Meski demikian, menurutnya manajemen rumah sakit tidak boleh menyerah dan segala kekurangan serta permasalahan yang ada tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu, masyarakat yang datang ke rumah sakit juga tidak akan mau tahu dengan masalah yang terjadi pada rumah sakit, masyarakat hanya mengharapkan pelayanan dari rumah sakit saat mereka datang berobat.

"Karena itu kita menekankan kepada direktur rumah sakit di Seruyan agar dapat membenahi pelayanan sehingga keberadaan rumah sakit dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.