Upaya menggali PAD Seruyan perlu ditingkatkan

id dprd seruyan, kuala pembuang

Upaya menggali PAD Seruyan perlu ditingkatkan

Anggota DPRD Seruyan Argiansyah. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menilai upaya penggalian peningkatan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kabupaten setempat masih perlu ditingkatkan.
 
"Untuk itu kami dari Komisi B yang bermitra dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Seruyan meminta agar instansi terkait dalam melakukan upaya yang lebih maksimal," kata Anggota DPRD Seruyan Argiansyah di Kuala Pembuang, Jumat.
 
Dia mengatakan sebenarnya potensi yang dapat dipacu cukup banyak, hanya saja bisa jadi permasalahannya upaya yang dilakukan belumlah maksimal.
 
Politisi PDI Perjuangan ini menyebutkan, kurang maksimal yang dimaksud dalam penggalian potensi peningkatan PAD sendiri yaitu berkaitan dengan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya.
 
Oleh sebab itu, pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya diminta agar bisa melakukan upaya maksimal dalam penggalian peningkatan potensi PAD yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hatantiring.
 
"Seperti dalam hal Pajak Bumi Bangunan, kemudian ada pajak sarang burung walet, kemudian seperti di perusahaan yaitu berkaitan dengan pajak air tanah. Ini yang saya ketahui sepertinya belum maksimal untuk bisa diupayakan oleh pemerintah," jelasnya.

Dia pun mendorong agar para petugas atau abdi negara yang memiliki tugas berkaitan penerimaan PAD ke depan dapat meningkatkan kinerjanya, sehingga dapat memberi hasil terbaik bagi daerah serta masyarakat.