Sabtu, 24 Juni 2017

3 Pembobol Ini Gagal Kuras ATM BCA di Sampit

id Kotawaringin Timur, Kotim, Polres Kotim, Kapolres AKBP Muchtar Supiandi Siregar, 3 Pembobol Gagal Kuras Atm BCA Sampit
3 Pembobol Ini Gagal Kuras ATM BCA di Sampit
Kapolres Kotim AKBP Muchtar Supiandi Siregar saat di lokasi ATM yang dibobol pencuri di Jalan Tjilil Riwut Sampit, Senin (12/6/17) (Foto Antara Kalteng/Norjani)
Sampit (Antara Kalteng) - Anjungan tunai mandiri milik Bank Central Asia (BCA) di Jalan Tjilik Riwut Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, dibobol tiga pelaku, namun mereka gagal menguras uang di dalamnya karena polisi datang.

"Begitu ada laporan, sekitar 10 menit kemudian kami sudah tiba di lokasi kejadian. Tapi pelakunya sudah kabur karena sadar aksi mereka ketahuan," kata Kapolres AKBP Muchtar Supiandi Siregar saat dikonfirmasi di Sampit, Senin.

ATM tersebut terletak di depan sebuah ruko yang berdampingan dengan stasiun pengisian bahan bakar umum. Saat kejadian sekitar pukul 03.27 WIB, suasana di kawasan itu sangat sepi.

Pelaku berjumlah tiga orang menggunakan penutup kepala datang menggunakan mobil pikap bak terbuka. Mereka berusaha membongkar ATM dengan lebih dulu membuka bagian atas mesin.

Beruntung saat kejadian ada Satpam yang melihat aksi jahat tersebut dan langsung menghubungi polisi. Ketiga pelaku diduga menyadari aksi mereka ketahuan sehingga langsung bergegas kabur sebelum polisi datang. Mereka berhasil merusak bagian atas mesin namun tidak sempat menguras dan membawa kabur uang di dalam ATM tersebut.

Saat ini polisi sedang memburu ketiga pelaku. Meski sempat berusaha menutup kamera tersembuyi dengan cara menyemprotkan cat, namun aksi mereka sempat terekam kamera tersembunyi.

"Supaya kejadian ini tidak terulang, saya membentuk dua Patroli Kamtibmas Subuh. Setiap tim beranggotakan 21 orang. Mereka akan berpatroli mulai pukul 02.00 WIB hingga 05.00 WIB, saat jam rawan kejahatan. Walaupun pelaku memiliki niat jahat, kita tutup kesempatannya sehingga mereka tidak bisa beraksi," kata Muchtar.

Secara khusus Muchtar mengimbau bank untuk menempatkan petugas jaga di ATM masing-masing. Terlebih menjelang lebaran ini biasanya transaksi keuangan makin meningkat sehingga rawan jadi incaran penjahat. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga