KPPN Sampit beri penghargaan mitra kerja terbaik

id KPPN Sampit beri penghargaan mitra kerja terbaik, kalteng, Sampit, kotim, KPPN Sampit, kotawaringin timur

KPPN Sampit beri penghargaan mitra kerja terbaik

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Wawan Juswanto menyerahkan penghargaan kepada peserta terbaik di bidang atau kategori masing-masing. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sampit Kalimantan Tengah kembali memberi penghargaan kepada mitra kerja terbaik pada beberapa kategori dalam pelaporan semester II tahun 2023.

"Ini sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi KPPN Sampit kepada mitra kerja. Ada 27 satuan kerja, tiga pemerintah daerah, satu mitra bank dan satu lembaga penyalur," kata Kepala KPPN Sampit Joko Tri Prasetyo di Sampit, Kamis. 

Pemberian penghargaan diberikan saat kegiatan Stakeholder's Day KPPN Sampit dengan tema Akselerasi Implementasi Digitalisasi Pengelolaan Keuangan di Bumi Isen Mulang. 

Acara dihadiri Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Tengah Wawan Juswanto, serta pejabat pemerintah daerah dan mitra kerja pemerintah daerah dari Katingan, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. 

Kegiatan juga diisi sosialisasi akselerasi implementasi digitalisasi pengelolaan keuangan. Hadir sebagai pemateri Taufiq Fathullah yang merupakan Kepala Seksi Supervisi Teknis Aplikasi Kantor Wilayah DJPb Provinsi Kalimantan Tengah. 

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para mitra kerja terbaik. Ada 20 kategori penghargaan dengan rincian juara setiap kategori terdiri terbaik I, II dan III. 

Kategori tersebut yaitu pengelolaan kinerja apbn kategori jumlah pagu dipa kelolaan kecil sedang dan besar di tiga kabupaten masing-masing. 

Baca juga: BNNP Kalteng berupaya wujudkan Perusahaan Bersinar di Kotim

Penggunaan uang persediaan melalui sistem digital payment - market place, penggunaan uang persediaan dengan implementasi kartu kredit pemerintah, serta penggunaan cash management system. 

Selanjutnya, penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara pengeluaran, penyampaian laporan pertanggungjawaban bendahara penerimaan, penyelesaian rekon dan penerbitan surat hasil rekon (SHR). 

Selain itu, kinerja rekonsiliasi pajak pusat di daerah, kinerja penyaluran dana desa, kinerja penyaluran DAK fisik, bank mitra dengan persentase aktivasi CMS terbaik, penyalur UMi dengan skor kecepatan data penyaluran terbaik. 

Joko menjelaskan, selain memperingati Hari Bakti Perbendaharaan, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk komunikasi dan edukasi KPPN Sampit kepada mitra satuan kerja mengenai proses pengelolaan keuangan negara

Tahun 2023 lalu KPPN Sampit telah mencairkan Rp5,067 triliun atau 99,23 persen dari pagu yang dikelola oleh satuan kerja mitra KPPN Sampit yang meliputi wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Katingan dan Seruyan

Dari jumlah tersebut, di antaranya Rp591,98 miliar itu adalah belanja lembaga dan sekitar Rp4,4 triliun merupakan dana transfer ke daerah. 

Untuk 2004 agak turun pagunya yaitu sekitar Rp4,67 triliun. Rinciannya itu Rp642,47 miliar merupakan dipa lembaga, sedangkan Rp4,22 triliun merupakan dana tiga pemerintah daerah. 

"Tentu saja capaian tersebut tidak lepas dari dukungan kontribusi seluruh para mitra KPPN sampit baik instansi vertikal maupun pemerintah daerah. Kami berterima kasih yang sangat mengapresiasi atas dukungan barang mitra kerja sehingga cobaan terus meningkat," timpal Joko. 

Baca juga: KPU Kotim rekrut 85 PPK dan 555 PPS Pilkada 2024

Melalui acara ini KPPN Sampit ingin mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas dukungan dan kerja samanya selama dan mitra dengan KPPN Sampit. 

KPPN Sampit terus transformasi dan berinovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan dan pengeluaran keuangan untuk mencapai transparansi, efisiensi dan efektivitas. 

"Pembayaran digital mengurangi transaksi tunai. Mitra tidak lagi harus datang ke kantor KPPN sampit untuk mendapatkan pelayanan tetapi bisa melalui kantor atau bahkan dari rumah karena pemanfaatan teknologi informasi terus dilakukan untuk memberikan kemudahan pelayanan," demikian Joko. 

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Wawan Juswanto mengapresiasi atas capaian KPPN Sampit dan mitranya selama ini. 

Dia menegaskan, pihaknya terus melakukan evaluasi dan perbaikan dalam pelayanan. Perbaikan dan inovasi melalui digitalisasi terus dilakukan dalam pelayanan pajak, bea cukai dan lainnya. 

Wawan juga berharap bisa mengoptimalkan berbagai potensi yang ada, termasuk seperti di Kabupaten Kotawaringin Timur ini. Seperti mendorong peningkatan ekspor produk rotan dan lainnya. 

"Mohon dukungan dan kami siap menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Kalau ada yang menyimpang, jangan ragu laporkan ke Kepala KPPN Sampit atau langsung kepada saya," demikian Wawan. 

Baca juga: Branding Kotim Bersinar ajak masyarakat hindari penyalahgunaan narkoba

Baca juga: Kotim melestarikan kuliner tradisional lewat lomba malamang