Rabu, 23 Agustus 2017

Wow! Sebanyak 117 Tokoh Daftar ke PDIP untuk Maju Pilkada 2018

id Kalimantan Tengah, Kalteng, PDIP Kalteng, 117 Tokoh Mendaftar Ke PDIP Maju Pilkada, Duwel Rawing, Ini 117 Tokoh yang Berniat Maju di Pilkada 2018
Wow! Sebanyak 117 Tokoh Daftar ke PDIP untuk Maju Pilkada 2018
Tim Verifikasi DPD PDIP Kalteng foto bersama saat usai menyampaikan perkembangan terakhir pendaftaran calon kepala daerah di 10 Kabupaten dan 1 kota di Palangka Raya, Selasa (13/6/17). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Tim Verifikasi Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kalimantan Tengah menerima berkas pendaftaran 117 tokoh yang berniat maju dalam pemilihan Kepala Daerah di 10 Kabupaten dan satu Kota se-Kalteng pada tahun 2018.

Dari 117 tokoh yang mendaftar tersebut tidak semuanya ingin jadi Calon Kepala Daerah namun ada juga calon Wakil Kepala Daerah serta menyatakan netral atau memberikan wewenang kepada partai untuk menentukan, kata Ketua Tim Verifikasi DPD PDIP Kalteng Duwel Rawing di Palangka Raya, Selasa.

"Kalau melihat nama-nama yang mendaftar ini, ternyata mayoritas atau 60 persen berasal dari umum dan hanya 40 murni kader PDI Perjuangan. Walaupun begitu, semua yang mendaftar memiliki peluang yang sama," tambahnya.

Anggota DPRD Kalimantan Tengah dari Fraksi PDI Perjuangan ini pun menyebut pihaknya telah menutup pendaftaran dan mulai, Rabu (14/6) sampai Jumat (16/6), akan memanggil satu per satu para tokoh yang mendaftar untuk diwawancarai oleh tim verifikasi.

Duwel mengatakan dari hasil wawancara itu, tim verifikasi nantinya akan menentukan minimal dua pasang bakal calon Kepala Daerah untuk disampaikan kepada DPD PDIP Kalteng dan selanjutnya direkomendasikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang kemudian dilakukan survei.

"Hasil survei sangat menentukan pasangan mana yang akan diusung. Dan perlu kita sampaikan bahwa yang menentukan dan menetapkan pasangan mana nantinya diusung PDIP di Pilkada 10 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Kalimantan Tengah ini, sepenuhnya berada di tangan DPP," bebernya.

Rawing yang pernah menjadi Bupati Katingan periode 2003-2013 ini menyebut bakal calon Pilkada serentak tahun 2018 yang mendaftar ke PDIP terbanyak di Kabupaten Katingan sebanyak 20 orang, disusul Seruyan 17 orang, Barito Timur 15 orang.

Kemudian Kota Palangka Raya 13, Kabupaten Barito Utara 12 orang, Murung Raya, Sukamara, Lamandau, Gunung Mas dan Pulang Pisau, Kapuas kurang dari 10 tokoh yang mendaftar.

"Kita tegaskan tidak ada biaya pendaftaran. Semua biaya operasional tim verifikasi pun berasal dari kas DPD PDIP. Jika ada yang menyatakan dimintai sejumlah uang saat pendaftaran, maka kebenarannya diragukan," kata Duwel.

Tim Verifikasi DPD PDIP Kalteng terdiri dari Duwel Rawing, Y Freddy Ering, Artaban, Emanuel Milo Wawo, Donny Yohanes Laseduw, Ina Prayawati, Andina Thresia Narang, Silvanus Ales Sea, Jubair Arifin, Awongganda W Linjar dan Brata Jaya. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga