Palangka Raya (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Tengah Kepala yang merupakan Divisi Administrasi Joko Martanto, di Palangka Raya Kamis malam mengatakan pihaknya tengah mengupayakan percepatan pemulihan gangguan server.

"Saat ini layanan Keimigrasian pada unit pelaksanaan teknis paspor, unit kerja Keimigrasian serta tempat pemeriksaan Imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan untuk sementara mengalami kendala," katanya.

Disampaikan Joko, saat ini pihaknya sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data "backup" atau cadangan PDN di Batam.

Hal tersebut diungkapkan Joko saat menerima informasi dari siaran pers Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim dengan Nomor: SP/IMI/06/2024/06.

"Iya benar, saat ini sistem sedang mengalami kendala," ucap Plt Kakanwil Kemenkumham Kalteng.

Meskipun demikian masyarakat yang berada di bandar udara internasional yang melakukan penerbangan tetap akan dilayani oleh petugas imigrasi.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng berikan penguatan pada Bapas-Lapas Muara Teweh

"Imigrasi tetap memberikan pelayanan semaksimal mungkin, agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat begitu pula dengan pada saat kedatangan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya menganjurkan setiap penumpang untuk datang lebih awal ke bandara guna mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Untuk masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor Imigrasi, akan tetap dilayani seperti biasa namun kendati demikian permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani mengingat belum maksimalnya sistem," jelasnya.

Berdasarkan informasi sejauh ini pelayanan masih berjalan sebagaimana mestinya meskipun terkendala sistem. Pihaknya menyampaikan apabila sistem PDN kementerian kominfo sudah kembali normal maka layanan Keimigrasian sudah beroperasi sepenuhnya.

"Kita akan informasikan kembali jika sistem sudah berjalan seperti biasanya," katanya.

Baca juga: Bapas Muara Teweh Kanwil Kemenkumham Kalteng hadiri diversi di Polres Barito Selatan

Baca juga: Remisi khusus Waisak 2024 ke 1.168 narapidana

Baca juga: Kemenkumham Kalteng sosialisasikan pendaftaran perseroan perorangan pada UMKM

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024