Skype alami lonjakan lalu lintas panggilan telepon

id Microsoft Skype

Skype alami lonjakan lalu lintas panggilan telepon

Ilustrasi--Microsoft Skype (ANTARA News/Lukisatrio) (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Lalu lintas panggilan telepon Internasional melalui Microsoft Skype meningkat dua kali lipat dari total lalu lintas operator di seluruh dunia pada 2012.

"TeleGeography memperkirakan lalu lintas panggilan Internasional dalam jaringan Internet Skype tumbuh 44 persen, atau 51 miliar menit," demikian laporan perusahaan riset TeleGeography dalam situs resmi mereka.

Sementara, total panggilan telepon Internasional dari seluruh operator di dunia, menurut TeleGeography, adalah 167 miliar menit.

"Lonjakan lalu lintas Skype bukan berarti mengurangi lalu lintas operator telekomunikasi. Lebih dari 40 persen lalu lintas data Skype adalah video," sebut TeleGeography.

Peningkatan panggilan video Skype berarti pula ada segmen lalu lintas baru dan bukan pengganti lalu lintas panggilan telepon.

Namun, peningkatan volume lalu lintas panggilan Skype pada masa mendatang juga dapat mengorbankan operator tradisional.

Aplikasi Skype pada iOS dan Android telah diunduh lebih dari 100 juta kali pada November 2012, begitupula aplikasi WhatsApp untuk Android sebagai layanan perpesanan yang populer.

TeleGeography juga mencatat sejumlah aplikasi komunikasi perangkat genggam melalui Internet yang mengalami peningkatan pengguna seperti Google Talk, Google Voice, Viber, Nimbuzz, WeChat, Line, KakaoTalk.

"Mungkin  yang menakutkan bagi operator telekomunikasi adalah ketika Facebook mengintegrasikan layanan komunikasi suara pada layanan perpesanan teks pada Januari 2013," sebut TeleGeography.
(I026)