Anggota DPD RI Gelar Seminar Empat Pilar Kebangsaan

id H. Said Akhmad Fawzi Z. Bachsin, Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indinesia (DPD) RI H. Said Akhmad Fawzi Z. Bachsin perwakilan Provi

Anggota DPD RI Gelar Seminar Empat Pilar Kebangsaan

Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) RI H. Said Akhmad Fawzi Z. Bachsin (kanan) perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di dampingi Ketua penyelenggara H.Muhammad Nur (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

...kegiatan seminar ini sekaligus mensosialisasikan pentingnya empat pilar kebangsaan.
     Palangka Raya, 3/3 (ANTARA) - Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indinesia (DPD) RI H. Said Akhmad Fawzi Z. Bachsin perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mengelar kegiatan seminar empat pilar kebangsaan di Aula Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu.

     "Dalam sistem pemerintahan, keempat pilar ini memegang peran besar sebagai perwujudan persatuan bangsa, karena itu perlu disosialisasikan kepada masyarakat," kata, H. Said Akhmad Fawzi Z. Bachsin yang masih aktif sebagai anggota DPD-RI.

     Menurutnya, kegiatan seminar ini sekaligus mensosialisasikan pentingnya empat pilar kebangsaan.

     Ia mengatakan saat ini masih banyak kelompok masyarakat yang belum memahami dan mengerti tentang nilai-nilai empat pilar yang terkandung didalamnya. Empat pilar kebangsaan tersebut, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

     "Banyak masukan dan harapan dari masyarakat bahwa kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan itu sudah efektif, namun sayangnya belum menjangkau lebih luas ke seluruh masyarakat," ucapnya.

     Oleh karena itu, ia mengharapkan dengan adanya seminar tersebut, baik guru, mahasiswa maupun tokoh masyarakat bisa memahami tentang nilai-nilai luhur bangsa.

     Secara terpisah, Ketua penyelenggara H.Muhammad Nur juga mengungkapkan dengan mengelar seminar empat pilar kebangsaan itu agar bisa menerapkan dan mempelajari dilingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

     "Kegiatan sosialisasi tersebut sangat positif artinya masyarakat bisa mengetahui makna empat pilar kebangsaan itu sendiri, dengan tujuannya memberikan pemahaman kepada masyarakat Kota Palangka Raya tentang isu yang terjadi seperti tindakan anarkis, konflik antar agama dan sebagainya," jelas Muhammad.

     Selain itu, Ketua Panitia Pelaksana Zainal Ilmi mengungkapkan pihaknya sangat bangga bisa menjadi penyelenggra sosialisasi empat Pilar kebangsaan tersebut, karena pondasi empat pilar tersebut dapat diamalkan dan dihayati, serta dapat digali nilai-nilainya demi dalam menegakkan kedaulatan bangsa ini.