EEP Biayai Delapan Proyek Bioenergi Di Kalteng

id EEP Biayai Delapan Proyek Bioenergi Di Kalteng, Agustin Teras Narang, Gubernur Kalteng

EEP Biayai Delapan Proyek Bioenergi Di Kalteng

Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Kalteng bersyukur mendapat bantuan untuk membiayai delapan program tersebut dan kita siap menyukseskannya,"
Palangka Raya, 26/6 (Antara) - Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyebutkan Energy and Environment Partnership with Indonesia bekerja sama bilateral dengan negara Finlandia akan membiayai delapan proyek bioenergi atau energi terbarukan di daerah itu.

"Kami komitmen dan sungguh-sungguh melaksanakan serta menyukseskan delapan proyek tersebut," kata Teras saat bertemu dengan Duta Besar Finlandia Kai Sauer di Palangka Raya, Rabu.

Kedelapan proyek tersebut adalah "reducing deforestation and GHG emission with biomass stoves and fuel as alternatif energi for a community" di Kelurahan Petuk Bukit dan Habaring Hurung.

Mereka juga malaksanakan "Market introduction of medium scale biogas digester" di Kelurahan Kelampangan dan Kecamatan Maliku, dan "Production of biogas from farming wastes" di kecamatan maliku.

"Development of Integrated biogas energy demonstration di Pangkalan Bun, dan teaching biomass technologies at technical schools," kata Gubernur Kalteng itu.

Selain itu juga "integrated commercial biomass energi dan electrical power production from coconut, wood processing and palm oil biomass waste streams in central kalimantan" di Kabupaten Kotawaringin Timur.

EEP juga melaksanakan "Capacity building and Investmen facilitation for renewable energy project developers palm oil plantations and financiers, dan Developing and piloting a platform and database for the biomas and bioenergy resource assessment" di Kotawaringin Timur, katanya.

Orang nomor satu di provinsi yang dijulukan "Bumi Tambun Bungai" itu mengatakan dengan adanya seminar terbarukan berkelanjutan ini juga merupakan sarana untuk mendapat informasi dari para pakar bidang bioenergi dan mendeseminasi pengalaman pelaksanaan kedelapan proyek tersebut.

"Kalteng bersyukur mendapat bantuan untuk membiayai delapan program tersebut dan kita siap menyukseskannya," demikian Gubernur Agustin Teras Narang.



(T.KR-JWM/B/S019/S019)