Bupati Seruyan sebut penerimaan pajak penting biayai pembangunan

id Pemkab seruyan, bupati seruyan, yulhaidir uhai, pendapatan asli daerah, pajak seruyan, apbd, kuala pembuang, kalteng

Bupati Seruyan sebut penerimaan pajak penting biayai pembangunan

Dokumentasi - Bupati Seruyan Yulhaidir menghadiri agenda temu pengusaha di Jakarta, belum lama ini.  (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir mengatakan penerimaan pajak dan retribusi daerah saat ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pembiayaan pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat.
 
“Apabila pendapatan kita bisa meningkat tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini,” kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Jumat.
 
Menurut dia, sekarang penerimaan dari pusat semakin menurun dan hanya cukup untuk membiayai belanja-belanja daerah yang sifatnya wajib serta mengikat, sedangkan belanja-belanja pembangunan sebagian berasal dari program Dana Alokasi Khusus (DAK).
 
“Kemudian beberapa program lainnya masih harus menunggu anggaran yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang mana salah satu sektor potensialnya adalah penerimaan pajak dan retribusi ini,” terangnya.

Baca juga: Fraksi Golkar Seruyan dukung Raperda perlindungan lahan pertanian
 
Dia menjelaskan, salah satu penerimaan pajak dan retribusi yang cukup potensial adalah pada sektor perusahaan besar swasta (PBS) terutama perkebunan kelapa sawit.
 
Terlebih di Seruyan sendiri terdapat banyak PBS yang bergerak pada sektor tersebut, sehingga harus bisa diupayakan maksimal agar keberadaannya berdampak baik bagi daerah.
 
Lanjut dia menyampaikan, upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah terus ditingkatkan sesuai dengan potensi yang berkembang. Hingga pada saatnya nanti diharapkan mendukung kelangsungan peningkatan pembangunan di segala bidang.
 
“Ini dilakukan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi di Seruyan. Karena secara langsung ataupun tidak langsung akan meningkatkan kemampuan masyarakat terhadap kewajibannya, yaitu membayar pajak dan retribusi daerah,” jelasnya.
 
Orang nomor satu di Seruyan itu menambahkan, dirinya meminta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya dan berinovasi meningkatkan pendapatan daerah, demi kemajuan pembangunan di wilayah setempat.
 
“Untuk mewujudkan hal tersebut juga harus didukung dari seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu saya harap masyarakat juga harus berperan aktif,” pintanya.

Baca juga: Bapenda: PAD Seruyan capai Rp40,8 miliar pada triwulan II

Baca juga: Legislator sebut Seruyan masih memerlukan tenaga kontrak

Baca juga: Disdagperin tingkatkan kemampuan masyarakat Seruyan kembangkan produk olahan hasil laut