Bupati Memprediksi Partisipasi Pemilih Meningkat

id Pilpres - Bupati Memprediksi Partisipasi Pemilih Meningkat,

Bupati Memprediksi Partisipasi Pemilih Meningkat

Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, H Supian Hadi (FOTO ANTARA Kalteng/Norjani)

Optimistis karena sosialisasi oleh KPU dan pemerintah sampai ke tingkat RT ditingkatkan jadi prediksi partisipasi pemilih meningkat.
Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi optimistis partisipasi pemilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014 meningkat dibanding Pemilu Legislatif 9 April lalu.

"Optimistis karena sosialisasi oleh KPU dan pemerintah sampai ke tingkat RT ditingkatkan jadi prediksi partisipasi pemilih meningkat. Forum ketua RT juga sudah kami minta untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih," kata Supian Hadi di Sampit, Rabu.

Usai memberikan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) di Jalan Achmad Yani seberang rumah jabatan bupati, Supian bersama Kapolres Kotim AKBP Himawan Bayu Aji dan Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Kav Enda M Harahap berkeliling memantau pemungutan suara di sejumlah tempat pemungutan suara.

Bersama pihak lainnya, Supian mengaku sudah mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih saat pemilu presiden. Dia berharap setidaknya partisipasi pemilih di tiap TPS berkisar antara 80 sampai 95 persen.

Kemarin malam dia juga berkeliling memantau masyarakat yang menyiapkan TPS, pos ronda maupun kelurahan. Dia berpesan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih dan sama-sama menjaga agar pemilu presiden di Kotim berlangsung aman dan lancar.

"Memang ada kekhawatiran masyarakat dengan adanya piala dunia sedikit mengganggu karena mungkin akan kesiangan bangun karena menonton sepak bola sampai subuh. Tapi saya beritahu bahwa mencoblos pukul 12:00 siang pun masih sempat," ucap Supian.

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka KPU Kotim pada 9 Juni lalu, jumlah pemilih pemilu presiden dan wakil presiden di Kotim yang masuk dalam daftar pemilih tetap sebanyak 331.260 pemilih, terdiri dari laki-laki 179.548 pemilih dan perempuan 151.712 pemilih. Mereka akan menggunakan hak pilih di 920 tempat pemungutan suara yang tersebar di 17 kecamatan.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara, total jumlah pemilih di lima daerah pemilihan (Dapil) sebanyak 331.037 pemilih, namun yang menggunakan hak pilihnya hanya 214.060 pemilih.

Partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Kotim hanya mencapai 67 persen, dan jumlah itu tidak mencapai target yang ditetapkan KPU, yakni sebesar 70 persen. Namun untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden ini, KPU yakin partisipasi pemilih akan meningkat.

Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014 diikuti pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.





(T.KR-NJI/B/Z002/Z002)