Gubernur : Progres Kalteng Harati Dan Barigas Menggembirakan

id Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, Gubernur : Progres Kalteng Harati Dan Barigas Menggembirakan

Gubernur : Progres Kalteng Harati Dan Barigas Menggembirakan

Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Saya berharap Program Kalteng Harati dan Kalteng Barigas tetap dilanjutkan untuk membantu masyarakat provinsi ini di bidang Pendidikan maupun Kesehatan,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengklaim program Kalteng Harati (cerdas) dan Kalteng Barigas (sehat) progresnya menggembirakan atau mengalami kemajuan.

Progres Kalteng Harati terlihat dari adanya peningkatan indicator bidang pendikan seperti APK/AP dan angka kelulusan maupun penyebarannya merata di semua sekolah, kata Gubernur Kalteng itu di Palangka Raya, Jumat.

"Bahkan angka penduduk buta aksara mendekati nol, kurikulum muatan lokal sudah diberlakukan disekolah-sekolah disertai dukungan pembiayaan sarana/prasarana dan peningkatan mutu guru," tambah Teras.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk 'Bumi Tambun Bungai' itu juga menyebutkan melalui program Kalteng Harati sebagian besar guru telah berkualifikasi S1 dan diberikan tambahan intensif guru daerah terpencil.

Sedangkan untuk program Kalteng Barigas atau sehat, kata Gubernur yang diusung PDIP itu, telah merekrut dan mengangkat sekitar 42 dokte PTT daerah melayani masyarakat di puskesmas daerah terpencil maupun sangat terpencil melalui APBD Provinsi.

"Harus kami akui, dari 42 dokter PTT itu ada 6 orang yang mengundurkan diri karena berbagai alasan. Tapi, pada dasarnya melalui Kalteng Barigas 24 Puskesmas terpencil dan 12 sangat terpencil ada dokternya," kata Teras.

Gubernur Kalteng dua periode itu mengatakan mensukseskan program Kalteng Barigas juga telah dialokasikan anggaran sebesar Rp35 miliar di tahun 2013 dan Rp40 miliar tahun 2014 dari APBD Provinsi untuk membantu peningkatan fasilitas kesehatan di Kabupaten/Kota dalam bentuk Dana Alokasi khusus (DAK).

"Saya berharap Program Kalteng Harati dan Kalteng Barigas tetap dilanjutkan untuk membantu masyarakat provinsi ini di bidang Pendidikan maupun Kesehatan," demikian Teras.



(T.KR-JWM/B/M009/M009)