Bupati Bario Utara Ikuti Diklat Orientasi Kepemimpinan

id Bupati Bario Utara, Nadalsyah

Bupati Bario Utara Ikuti Diklat Orientasi Kepemimpinan

Bupati Barito Utara, Nadalsyah. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah Nadalsyah mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan orientasi kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada 2015 di Kementerian Dalam Negeri.

"Pendidikan dan pelatihan (Diklat) orientasi kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah ini diikuti Bupati/Walikota dan Ketua DPRD seluruh Indonesia," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Barito Utara (Barut), M Iman Topik di Muara Teweh, Senin.

Kegiatan ini dilaksanakan dari 9-27 Maret 2015 bertempat di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri, kata dia.

"Untuk Kalimantan Tengah diikuti Bupati Barito Utara Nadalsyah dan Bupati Katingan Yatenglie yang mengikuti kegiatan orientasi tersebut. Kegiatan ini langsung dibuka Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo," katanya.

Kabag Humas mengatakan, tujuan dari kegiatan OKKPD ini adalah untuk meningkatkan pengalaman dan pengetahuan dalam pembuatan dan pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Materi yang diberikan selain ceramah juga dilakukan media diskusi, studi khusus serta praktek lapangan. Untuk praktek lapangan nantinya akan ditentukan oleh provinsi.

Selain itu juga dilaksanakan peningkatan kompetensi istri-istri kepala daerah peserta Diklat (istri bupati/wali kota).

"Kegiatan peningkatan kompetensi untuk istri bupati/wali kota ini dilaksanakan satu minggu sebelum kegiatan berakhir," jelas dia.

Dalam kegiatan yang diikuti kepala daerah dengan berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, dituntut untuk memiliki pemahaman dalam penyelenggaraan pemerintahan yang bersih (Clean Government) dan pemerintahan yang baik dan berwibawa (Good Governance).


(T.K009/B/S019/S019)