Ini Aplikasi Terbaru Untuk Mengenal Kawasan Konservasi Bahari

id Aplikasi, Aplikasi Marine Buddies, Kawasan Konservasi Bahari

Ini Aplikasi Terbaru Untuk Mengenal Kawasan Konservasi Bahari

Tampilan aplikasi Marine Buddies dari WWF Indonesia (ANTARA News/Screenshot Marine Buddies) (ANTARA News/Screenshot Marine Buddies)

Jakarta (Antara Kalteng) - Organisasi nirlaba lingkungan, WWF Indonesia, meluncurkan aplikasi Marine Buddies untuk mengajak pengguna telepon pintar mengenali kawasan konservasi bahari sekaligus membantu menjaganya.

Melalui Marine Buddies, pengguna dapat mengenali sekitar 165 kawasan konservasi di Indonesia seperti Pulau Weh, Buleleng, Wakatobi, Alor hingga Raja Ampat.

Aplikasi berdasarkan lokasi (location based) ini memiliki fitur untuk mengawasi pengelolaan kawasan konservasi bahari serta melaporkan aktivitas yang tidak bertanggung jawab.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur "Laporkan" untuk peristiwa yang tidak bersifat urgen untuk ditindaklanjuti. WWF Indonesia akan meneruskan informasi tersebut ke Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Beberapa fitur di aplikasi ini hanya berfungsi saat berada di kawasan konservasi bahari.

Saat ANTARA News mencoba mengklik fitur "Laporkan" dan "Penilaian" dari Jakarta, muncul pemberitahuan pengguna sedang tidak berada di kawasan konservasi bahari.

Aplikasi ini untuk sementara hanya tersedia untuk Android, sedangkan iOS akan menyusul pada Mei 2017.

Aplikasi Marine Buddies merupakan bagian kampanye WWF Indonesia #TemanTamanLaut, untuk memengaruhi pemangku kebijakan, pelaku usaha serta publik untuk mau melakukan aksi nyata dalam pengelolaan kawasan konservasi bahari Indonesia.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar