SK Guru Honor Penerima Insentif di Barsel Sedang Diproses

id guru honor, diknas barsel

SK Guru Honor Penerima Insentif di Barsel Sedang Diproses

Kepala Dinas Pendidikan Barsel, Jumadi. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, sedang memproses Surat Keputusan (SK) guru honor penerima insentif di wilayah setempat.

"SK guru yang akan mendapatkan insentif dari Dinas Pendidikan sedang dalam proses,"kata Kepala Dinas Pendidikan Barsel, Jumadi, di Buntok, Kamis.

Menurut dia, SK guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD dan SMP tersebut sedang dilakukan verifikasi, dan sudah memasuki tahap akhir.

Ia menjelaskan, yang diverifikasi itu seperti apakah benar-benar mengajar, masa kerja, dan tingkat pendidikannya, termasuk apakah guru berpendidikan SMA, DIII atau sarjana.

"Kemudian, apakah sarjana jurusan pendidikan atau sarjana jurusan umum," tambah Jumadi.

Adapun jumlah insentif yang diterima guru honor nantinya kata Jumadi bervariasi, ada Rp 252 ribu/bulan, Rp 352 ribu,Rp 600 dan Rp 700 ribu/bulan.

"Makanya kita perlu waktu untuk melakukan verifikasi, dan mudah-mudahan pada Juli 2017 ini rampung, karena guru penerima insentif jumlahnya banyak, dan yang sudah dilakukan verifikasi sekitar 500 orang,"ujar Jumadi.

Ia menyampaikan, kalau verifikasi tersebut rampung dilaksanakan, maka pihaknya akan membayarkan insentifnya selama 6 bulan, dari Januari hingga Juni 2017.

Selain itu ia juga menyampaikan, guru yg mendapatkan insentif tersebut merupakan guru honor yang gajinya dibayar oleh masing-masing sekolah, dan pihaknya hanya memberikan insentifnya saja.

"Sedangkan untuk jumlahnya belum sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK), akan tetapi pihaknya berupaya secara bertahap agar jumlah honor dan insentifnya yang diterima guru honor tersebut kedepan sesuai UMK,"demikian Jumadi.