Perayaan Hari Jadi Sukamara jangan Sekedar Seremonial Belaka

id Hari Jadi Sukamara, Kabupaten Sukamara, Bupati Sukamara, Ahmad Dirman, Seremonial Belaka

Perayaan Hari Jadi Sukamara jangan Sekedar Seremonial Belaka

Bupati Sukamara H ahmad Dirman berserta Unsur Forkopinda dan undangan serta masyarakat menikmati krupuk rabus sepanjang 100 M. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

... peringatan tersebut janganlah hanya sekedar bersifat seremonial belaka, akan tetapi peringatan tersebut hendaknya benar-benar memiliki makna dan nilai historis yang tinggi.
Sukamara (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukamara ke-15 merupakan momentum untuk dijadikan motivasi dan evaluasi secara bersmama-sama dalam mengisi pembangunan yang ada di daerah itu

"Sungguh merupakan suatu kehormatan, kebanggaan dan kebahagiaan yang tak terhingga dan akan menjadi dukungan moral bagi kami, dalam upaya memacu tekad mewujudkan visi dan misi kabupaten Sukamara untuk malanjutkan cita-cita pembangunan daerah ini," kata Dirman saat mengikuti Pesta Rakyat di Lapangan Mini Sukamara, Selasa.

Menurutnya, kabupaten Sukamara telah berusia 15 tahun, tentu banyak hal yang telah dilalui bersama, perjuangan tetap terus dilakukan, bukan hanya demi terwujudnya sebuah kabupaten, tetapi bagaimana mengisi dan melaksanakan pembangunan demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dimasa yang akan datang

Selain itu, setiap kali memperingati hari jadi kabupaten, maka peringatan tersebut janganlah hanya sekedar bersifat seremonial belaka, akan tetapi peringatan tersebut hendaknya benar-benar memiliki makna dan nilai historis yang tinggi.

Dimana, masyarakat bersama unsur penyelenggara pemerintahan daerah dapat melakukan evaluasi dan introspeksi terhadap apa yang telah dan sedang dilakukan selama 15 tahun ini, apakah kebijakan yang diambil telah bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat, atau apakah program dan kegiatan yang disusun dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat menuju arah yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Hari Jadi Kabupaten Sukamara Fandedi mengatakan pelaksanaan hari jadi Kabupaten Sukamara ke-15 ini selain mengelar rapat paripurna, apel juga dilaksanakan hingga pesta rakyat semalam seminggu, dimana didalamnya diisi berbagai kegiatan yang diikuti oleh masyarakat Sukamara.

"Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam pesta rakyat ini, pertama kita akan mengenalkan makan tradisional seperti makan krupuk rabus sepanjang 100 M, makan kua Jorong, dan Jalurai," ucap Fandedi

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan lomba olahraga kreasi seperti pertandingan kasti, loma gebuk bantal, bola sarung maupun panjat pinang, sedangkan untuk Sukamara Fair akan dilaksanakan diakhir bulan Juli.