Adu Penalti Kalahkan Chelsea, Arsenal Juara Community Shield

id community shield, chelsea, arsenal

Adu Penalti Kalahkan Chelsea, Arsenal Juara Community Shield

Kolasinac merayakan golnya ke gawang Chelsea. (Foto AFC/bolanet)

Jakarta (Antara Kalteng) - Setelah bermain imbang 1-1 dalam ajang Community Shield di Stadion Wembley, Minggu (06/08), untuk menentukan juaranya dilakukan adu pinalti antara Arsenal dan Chelsea, yang kemudian dimenangkan Arsenal dengan skor 3-1. 

Pertandingan antara dua klub asal London ini berjalan dengan tempo cukup tinggi dan berlangsung cukup keras. Di waktu normal Chelsea berhasil unggul lebih dahulu melalui tendangan Victor Moses, sementara Arsenal menyamakan skor melalui sundulan Sead Kolasinac. 

Alhasil, di menit-menit awal, Arsenal lebih banyak menguasai bola. Mereka juga membuat Chelsea lebih banyak bertahan. Sejumlah peluang pun bisa dihasilkan oleh tim Arsene Wenger tersebut.

Namun Chelsea secara perlahan bisa keluar dari tekanan Arsenal. Laga pun mulai berjalan sedikit berimbang. Namun justru The Gunners yang akhirnya bisa mendapat peluang emas. Di menit ke 23, Lacazette nyaris mencetak gol. Hanya saja sepakannya mengenai gawang kiri Courtois.

Kedua tim kemudian terus saling serang dan menciptakan sejumlah peluang. Akan tetapi tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Chelsea berusaha menggebrak terlebih dahulu. Usaha pasukan Antonio Conte itu pun langsung membuahkan hasil. Di menit ke-46, Moses sukses menaklukkan Cech dari jarak dekat. Gol itu sendiri tercipta berkat umpan sundulan Cahill setelah terjadi kemelut usai Chelsea mendapat hadiah sepak pojok.

Di menit ke 59, Arsenal bisa membahayakan gawang Chelsea. Elneny menusuk masuk dari sayap kanan. Ia kemudian melepas tembakan namun bola yang mengatah ke tiang jauh masih bisa ditepis oleh Courtois.

Arsenal terus menggedor pertahanan ketat Chelsea. Namun pertahanan The Blues begitu kokoh. Walau demikian Arsenal masih memiliki beberapa peluang. Contohnya melalui sepakan jarak jauh Xhaka di menit 75. Namun Courtois dengan cemerlang berhasil menggagalkan peluang tersebut.

Situasi menjadi runyam bagi Chelsea karena di menit ke 80 Pedro mendapat kartu merah langsung dari wasit. Sebab ia melayangkan tekel pada Elneny dari belakang.
Arsenal pun bak mendapat angin segar. Di menit ke 82, mereka langsung bisa mencetak gol melalui Kolasinac. Ia dengan sukses menyundul bola hasil free kick Xhaka.

Setelah itu tidak ada lagi gol yang tercipta hingga babak kedua berakhir. Pemenang laga ini pun harus diputuskan melalui adu penalti.

Di babak penalti, dua eksekutor The Blues gagal, Thibaut Curtois dan Alvaro Morata, sementara semua penendang The Gunners bisa melakukan tugasnya dengan sempurna. The Gunners pun unggul dengan skor 3-1.


Susunan Pemain:
Arsenal (3-4-3): Cech; Holding, Mertesacker (Kolasinac 32'), Monreal; Bellerin, Elneny, Xhaka, Oxlade-Chamberlain; Welbeck (Nelson 87'), Lacazette (Giroud 66'), Iwobi (Walcott 66').

Chelsea (3-4-3): Courtois; Azpilicueta, David Luiz, Cahill; Moses, Fabregas, Kante, Alonso (Rudiger 79'); Willian (81'), Batshuayi (Morata 74'), Pedro.