APBD Lamandau Tahun 2018 Fokus Pada 4 Bidang Ini

id apbd lamandau, lamandau, dprd lamandau

APBD Lamandau Tahun 2018 Fokus Pada 4 Bidang Ini

Foto bersama unsur pimpinan DPRD Lamandau dengan Wakil Bupati Lamandau dan Sekda Lamandau. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau pada tahun 2018 masih tetap memfokuskan dan memprioritaskan anggaran pendapatan dan belanja daerah membangun empat bidang, yakni infrastruktur, kesehatan dan pendidikan serta pertanian.

Bidang infrastruktur meliputi pembangunan dan rehabilitasi irigasi, penyediaan dan sarana air limbah, pengendalian banjir, pembangunan sarana dan prasarana air bersih pedesaan, kata Bupati Lamandau Marukan dalam pidato pengantar nota keuangan dan rancangan APBD 2018 saat paripurna DPRD Kabupaten Lamandau di Nanga Bulik, Senin.

"Kita juga akan meningkatkan pembangunan jalan kabupaten, peningkatan kapasitas air bersih perkotaan, pembangunan sarana dan prasarana keagamaan, pembangunan jembatan, serta pemeliharaan pertamanan," tambahnya.

Sementara untuk bidang kesehatan, Pemkab Lamandau meningkatkan kapasitas dan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamandau, Puskesmas, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan polindes.

Kemudian melakukan pencegahan penyakit seperti filariasis, Kusta, malaria dan TBC, melaksanakan pengadaan obat-obatan dan logistik baik itu untuk RSUD Lamandau, Puskesmas, Pustu maupun Polindes.

"Bidang pendidikan, arah kebijakan umum APBD 2018, kita masih berfokus pada peningkatan kapasitas serta kompetensi tenaga pendidik pada semua tingkat pendidikan (SD sampai SMP), pembangunan unit dan gedung sekolah, sampai dengan rehap rumah dinas guru," beber Marukan.

Selain menguraikan arah kebijakan umum pembangunan pada tahun 2018, Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk "Bumi Bahaum Bakuba" itu juga menyampaikan bahwa pada APBD TA 2018 Pemkab Lamandau memberikan dukungan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Lamandau periode 2018-2023.

"Kita juga memberikan dukungan anggaran untuk pelaksanaan Lasqi tingkat provinsi Kalteng. Itu disediakan karena Kabupaten Lamandau menjadi tuan rumah kegiatan tersebut," demikian Marukan.