BKKBN RI Mencanangkan 8 Kampung KB di Lamandau

id BKKBN, Kampung KB, Lamandau

kepala BKKBN RI Surya Candra Surapaty menandatangani prasasti pencanangan delapan Kampung KB di Kabupaten Lamandau, Kamis (12/10/2017). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia Surya Candra Surapaty meresmikan dan menandatangani prasasti pencanangan delapan kampung keluarga berencana di Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis.

Pembangunan yang diselenggarakan pemerintah harus langsung ke manusia sehingga keberadaan kampung KB sangat dibutuhkan dan ada di semua daerah, kata Surya usai menandatangani prasasti pencanangan delapan kampung KB di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang Nanga Bulik.

"Tujuan dari dicanangkannya kampung KB ini sebagai upaya intervensi pembangunan berwawasan kependudukan, karena akan diketahui secara jelas berapa jumlah kepala keluarga (KK) yang mengikuti atau tidak mengikuti program KB, berapa jumlah anak tiap KK," tambahnya.

Delapan Kampung KB yang dicanangkan tersbeut yakni Desa Guci Kecamatan Bulik, Desa Penopa Kecamatan Lamandau, Desa Toka Kecamatan Bulik Timur, Desa Jemuat Kecamatan Batang Kawa, Desa Sungai Buluh Kecamatan Belantikan Raya, Desa Batu Hambawang Kecamatan Sematu Jaya, dan Desa Mukti Manunggal Kecamatan Menthobi Raya.

"Kampung KB ini juga salah satunya bertujuan untuk membangun sumberdaya manusia indonesia yang berkualitas yang berangkat dari adanya pemahaman bersama bahwa membangun keluarga haruslah dimulai dengan perencanaan yang terencana dan matang," kata Surya.

Pencanangan dan penandatangan prasasti delapan kampung KB tersebut dirangkai Seminar KB Pria (MOP) serta Pencanangan Kecamatan dan Desa/Kelurahan Menuju Kecamatan dan Desa Layak Anak, tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Lamandau Sugiyarto, Wakil Ketua DPRD Lamandau dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

Wakil Bupati Lamandau Sugiyarto menegaskan bahwa pihaknya sampai sekarang ini telah cukup serius berupaya secara maksimal dalam mengimplementasikan program KB tersebut, sehingga sebelum delapan desa yang kembali dicanangkan tersebut, program pencanangan Kampung KB di Kabupaten Lamandau sudah dilaksanakan di enam desa dari berbagai kecamatan.

Dia mengatakan sebelumnya telah dicanangkan enam kampung KB di Desa Perigi Raya Kecamatan Bulik, Desa Samu Jaya Kecamatan Lamandau, Desa Tangga Batu Kecamatan Belantikan Raya, Desa Rimba Jaya Kecamatan Sematu Jaya, serta Desa Hulu Jojabo Kecamatan Delang.

"Kita bersyukur Kepala BKKBN RI kembali mencanangkan delapan Kampung KB di Kabupaten Lamandau. Semoga pencanangan ini bisa semakin mengoptimalkan pengendalikan penduduk di Kabupaten Lamandau," demikian Sugiyarto.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar