Kejurda Taekwondo se Kalteng Diikuti 420 Atlet

id Kejurda taekwondo, kalteng, sampit, kotim, Kejurda Taekwondo se Kalteng Diikuti 420 Atlet

Kejurda Taekwondo se Kalteng Diikuti 420 Atlet

Sebanyak 420 atlet dari tujuh daerah mengikuti Kejurda Taekwondo Kalteng bertajuk Gubernur Cup I di atrium Citimall Sampit, Jumat (3/11/17). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kejuaraan Daerah Taekwondo Provinsi Kalimantan Tengah, bertajuk Gubernur Cup I yang digelar di atrium Citimall Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, diramaikan 420 atlet berbagai usia.

"Kami sangat senang karena peserta sangat antusias, apalagi gubernur mendukung penuh kegiatan ini. Saya berharap ini berdampak baik bagi pengembangan taekwondo di Kalimantan Tengah, khususnya dalam upaya mencari bibit atlet terbaik," kata Ketua Pengurus Taekwondo Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Heriansyah di Sampit, Jumat.

Sebanyak 15 kontingen dari tujuh daerah ikut serta dalam ajang bergengsi ini. Terdiri dari Kabupaten Kapuas satu kontingen, Kota Palangka Raya dua kontingen, Kabupaten Katingan satu kontingen, Kotawaringin Timur empat kontingen, Kotawaringin Barat tiga kontingen, Lamandau dua kontingen dan Seruyan dua kontingen.

Tujuh kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah, belum mengirimkan kontingen karena umumnya belum memiliki pengurus taekwondo di tingkat kabupaten. Heriansyah menargetkan tahun 2018 nanti seluruh kabupaten sudah memiliki organisasi Taekwondo Indonesia sehingga seluruh kabupaten dan kota akan mengirim perwakilan saat event Gubernur Cup berikutnya.

"Kalau semua daerah mengirim utusan, kami perkirakan bisa tembus lebih dari seribu atlet. Ini akan digelar rutin tiap tahun dan bergiliran menjadi tuan rumah. Kegiatan ini untuk menggali prestasi atlet daerah. Para juara akan dibawa ke event yang lebih besar lagi," kata Heriansyah.

Heriansyah yakin taekwondoin asal Kalimantan Tengah juga memiliki kemampuan luar biasa. Pihaknya akan memperbanyak event sehingga atlet makin terlatih dan mampu meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah, Suyanto mengatakan, pemerintah provinsi mendukung penuh kegiatan itu. Pemerintah bertekad mengembangkan semua cabang olahraga agar mampu berprestasi, termasuk taekwondo.

"Kami berharap pembinaan dilakukan berkesinambungan. Kita akan memperbanyak event untuk mencari bibit atlet berprestasi. Perlu ada terobosan untuk mengembangkan prestasi taekwondo di Kalimantan Tengah," kata Suyanto.

Dinas Pemuda dan Olahraga mendukung dibentuknya pengurus olahraga taekwondo di seluruh kabupaten dan kota. Pemerintah daerah siap mendukung pengembangan olahraga ini untuk meraih prestasi lebih banyak lagi.