Ketua DPD Golkar Maju Pilkada Palangka Raya Jalur Perseorangan

id golkar palangka raya, rusliansyah, dprd palangka raya

Ketua DPD Golkar Maju Pilkada Palangka Raya Jalur Perseorangan

Ketua DPD Golkar Kota Palangka Raya, Rusliansyah. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golongan Karya (DPD Golkar) Kota Palangka Raya, Rusliansyah, maju dalam bursa pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya dari jalur perseorangan.

Keseriusan Rusli untuk maju dari jalur perseorangan tersebut dibuktikan dengan diserahkannya syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan kepada KPU Kota Palangka Raya di kantor KPU setempat, Sabtu pagi.

"Hari ini ada empat bakal pasangan calon yang perseorangan yang mendaftarkan diri. Keempat pasangan itu yakni Rusliansyah-Rogas, Yuliustri-Munir, Nampung-Budi Santoso dan pasangan Dagut Djunas-Fitriadi Yusuf," kata Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Sasatriadi di sela penerimaan berkas dukungan.

Anggota KPU Kota Palangka Raya Divisi Teknis ini menambahkan bahwa tahap pertama usai penyerahan syarat dukungan itu ialah melakukan perhitungan jumlah dukungan dan jumlah sebaran dukungan.

"Batas minimal dukungan calon ini ialah sebanyak 19.700 dukungan yang dikuatkan dengan lampiran KTP elektronik maupun surat keterangan (Suket). Sementara untuk sebaran dukungan minimal harus tersebar di tiga kecamatan di Palangka Raya," katanya.

Nantinya, apabila jumlah dukungan dan sebaran tidak memenuhi target maka berkas akan dikembalikan kepada pasangan bakal calon untuk dilakukan perbaikan.

"Jika berkas dinyatakan memenuhi syarat dan ketentuan maka kita akan menerbitkan surat keterangan sehingga dapat dilanjutkan pada proses selanjutnya," katanya.

Pada saat penyerahan berkas dukungan, para pasangan bakal calon turut didampingi para pendukung dari masing-masing pasangan calon.

Sejumlah aparat keamanan dari pihak kepolisian pun melakukan penjagaan di kawasan kantor KPU Kota Palangka Raya.

Di sisi lain, Rusliansyah-Rogas merupakan Pasangan bakal calon perseorangan yang pertama mendaftar ke KPU Palangka Raya dengan membawa berkas dukungan atau B1KWK baik dalam bentuk baik softcopy dan hardcopy.

Meski demikian, pria yang juga sebagai Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya ini belum mengungkapkan alasan dirinya maju dari jalur perseorangan.

"Yang pasti saat ini, kita membawa berkas sesuai ketentuan, dengan jumlah 32 ribu fotocopy KTP elektronik, melebihi minimal yang ditetapkan KPU. Fotocopy ini didapat dari seluruh Kecamatan di Kota Palangka Raya," kata Rusliansyah ditemui usai penyerahan berkas.