Riban Ajak Semua Pihak Jalani Pilkada Palangka Raya Secara Normal

id Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia, pilkada 2018

Riban Ajak Semua Pihak Jalani Pilkada Palangka Raya Secara Normal

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimanta Tengah HM.Riban Satia mengajak semua pihak yang terlibat dalam tahapan pilkada serentak tahun 2018 agar dapat berprilaku normal sehingga suasana demokratis dapat terwujud.

"Saya dan seperti juga kebanyakan masyarakat di daerah ini menghendaki pilkada berjalan normal dan menunjukan kepatutan dalam sebuah proses alih kepemimpinan. Jadi tidak perlu melakukan langkah yang aneh-aneh lah dengan tujuan merebut kekuasaan," ucap Riban yang juga Doktor Kebijakan Publik UGM tersebut di Palangka Raya, Rabu.

Wali kota Palangka Raya dua periode itu mengaku siap menerima siapapun yang akan menggantikan dirinya.

"Silahkan, siapapun yang akan menjadi wali kota sebagai hasil dari proses dan tahapan pilkada yang saya maksud normal itu," ucapnya.

Ketika ditanya arah dukungan pada pilkada Kota Palangka Raya, Riban justru balik bertanya kepada wartawan, "apa sudah ada paslonnya, kan masih dalam proses," ucapnya.

"Calonnya saja belum ditetapkan KPU, bagaimana bisa menentukan arah dukungan," tambah Riban Satia.

Dia menyarankan bagi figur yang mau ikut pilkada agar dapat memetakan yang akan menjadi bagian visi-misi calon kepala daerah.

Riban juga menginginkan sosok yang aktif turun lapangan serta mampu menyerap aspirasi masyarakat sebagai bahan pertimbangan penyusunan program pembangunan.

Selanjutnya, saat dikonfirmasi terkait informasinya majunya Wakil Wali Kota, Mofit Saptono Subagio serta Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya H.Rusliansyah, Riban menyebut itu hak pribadi yang tak bisa diintervensi.

"Namun yang pasti beliau sudah memiki tangga yang tepat. Tinggal mau maju atau mundur. Ya bisa dibilang sudah punya modal," katanya.

Saat dikonfirmasi lagi apakah akan mendukung wakilnya dalam pilkada 2018 mendatang, Riban masih enggan memberikan kepastian.

"Figur yang muncul belum ada yang pas dihati karena belum ditetapkan," kata Riban yang mengaku belum ada partai maupun calon yang sowan untuk meminta dukungannya.

Saat ini dalam proses Pilkada Palangka Raya 2018 telah ada lima pasang bakal calon perseorangan menyerahkan surat dukungan ke KPU, dimana salah satu calon Rusliansyah diketahui dekat dengan Wali Kota Riban Satia.

Sementara itu, sosok lain yang juga diketahui dekat dengan Riban dan menjadi pembicaraan warga Palangka Raya bahwa akan maju dalam Pilkada Palangka Raya jalur partai ialah Wakil Wali Kota Mofit Saptono Subagio berpasangan dengan Rektor IAIN Palangka Raya, Dr Ibnu Elmi As Pelu.