Pembangunan Infrastruktur Masih Jadi Prioritas Masyarakat Lamandau

id DPRD Lamandau, infrastruktur, reses

Pembangunan Infrastruktur Masih Jadi Prioritas Masyarakat Lamandau

Rapat paripurna tentang penyampaian hasil reses masing-masing Dapil di gedung DPRD Kabupaten Lamandau, Senin (15/01/18). (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Pembangunan dibidang infrastruktur baik jalan maupun jembatan masih menjadi skala prioritas dari masyarakat di Kabupaten Lamandau yang disampaikan ke DPRD setempat.

Usulan tersebut terungkap saat kalangan DPRD Kabupaten Lamandau melakukan reses ke daerah pemilihannya masing-masing masing dan dilaporkan dalam sidang rapat paripurna di Nanga Bulik, Senin.

"Beberapa usulan dari masyarakat yang paling menonjol adalah pembangunan infrastruktur, baik jalan lingkungan desa, jalan penghubung antar desa maupun jalan menuju ke ibukota kecamatan," kata Sekretaris tim reses Dapil II DPRD Kabupaten Lamandau, Helkia Penyang.

Politisi Partai Hanura ini juga menambahkan, sampai dengan saat ini, dimana sudah 16 tahun Kabupaten Lamandau berdiri masih ada beberapa desa yang belum terkoneksi secara langsung dengan ibukota kecamatan.

"Selain meningkatkan dan membuka jalan, masyarakat juga memohon kepada dinas terkait supaya membuat pemetaan dan program terpadu untuk rencana pembangunan jalan usaha tani sesuai dengan potensi lahan pertanian di masing-masing desa," ujarnya.

Sementara itu, juru bicara tim reses Dapil I, Wardi Ningsih, juga mengatakan hal yang sama, ketika pihaknya melakukan reses, masyarakat menghendaki adanya peningkatan infrastruktur.

"Seperti usulan masyarakat desa Bunut dan Sungai Mentawa Kecamatan Bulik yang menginginkan adanya pengaspalan jalan menuju ke ibu kota Kabupaten Lamandau yaitu Nanga Bulik, karena kondisi jalan yang ada pada saat ini semakin menurun," katanya.

Selain itu juga masyarakat desa Guci, Sumber Mulya, Tamiang dan desa Batu Kotam juga mengusulkan peningkatan jalan.

Kemudian juru bicara tim reses Dapil III, Hadi Suyono, mengatakan bahwa dari beberapa usulan masyarakat di kecamatan Sematu Jaya, Menthobi Raya dan Bulik Timur, pembangunan infrastruktur juga masih menjadi usulan yang diharapkan dapat segera ditindaklanjuti.

Misalnya masyarakat Desa Bina Bhakti dan Desa Tri Tunggal Kecamatan Sematu Jaya yang mengharapkan agar pengaspalan jalan poros desa agar segera dipercepat begitu juga dengan jalan yang ada di Desa Mekar Mulya.

"Usulan dari masyarakat Kecamatan Menthobi Raya, khususnya dari Desa Topalan, Bukit Makmur, Bukit Raya, Melata, Lubuk Hiju dan Desa Sumber Jaya yang juga mengharapkan adanya peningkatan dan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan," demikian Hadi.