Angkutan Sungai Diminta Melengkapi Fasilitas Keselamatan

id Sekretaris Dinas Perhubungan Barito Selatan, Aprilius Ampuh, Angkutan sungai

Angkutan Sungai Diminta Melengkapi Fasilitas Keselamatan

Sekretaris Dinas Perhubungan Barito Selatan, Aprilius Ampuh. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, meminta para pengusaha transportasi angkutan sungai agar melengkapi fasilitas keselamatan bagi para penumpang.

"Kita mengingatkan kepada pemilik transportasi air agar melengkapi fasilitas keselamatan bagi para penumpang," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Barito Selatan, Aprilius Ampuh, di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, fasilitas keselamatan yang harus dilengkapi pemilik transportasi angkutan sungai speedboad, dan perahu taksi motor tersebut seperti pelampung.

"Pelampung tersebut sangat penting disiapkan, karena bisa digunakan para penumpang apabila terjadi kecelakaan di sungai. Selain itu juga kita meminta jangan membawa penumpang melampaui izin trayek yang telah ditentukan," ucap Aprilius.

Ia mengatakan, selama ini, baik speedboat, perahu taksi motor yang beroperasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito di daerah ini, masih ada yang tidak mematuhi aturan tersebut.

Oleh karena itu ia meminta kepada petugas Dinas Perhubungan yang berada di pelabuhan pasar Beringin maupun Pasar Lama Buntok agar melakukan pengecekan peralatan keselamatan, dan jumlah penumpang angkutan umum sungai tersebut.

"Kalau kelengkapan keselamatannya tidak memenuhi ketentuan, dan jumlah penumpang melampaui izin trayek agar jangan diberikan izin untuk berangkat membawa penumpang," tegas dia.

Ia juga meminta kepada pemilik transportasi angkutan umum sungai agar mematuhi aturan lainnya demi keselamatan bersama.