Kemajuan New York Times sukses beralih dari koran cetak ke digital

id New York Time,koran digital

Kemajuan New York Times sukses beralih dari koran cetak ke digital

New York Time (truepundit.com)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Di situasi yang sulit bagi media saat ini, The New York Times Company mencatat pertumbuhan pelanggan yang signifikan dan perusahaan itu melewati 2017 dengan sehat.

Pihak perusahaan mengatakan, pelanggan digital bertambah 157.000 pada kuartal IV/2017 yang membuat pendapatan sepanjang 2017 mencapai lebih dari 1 miliar dollar. Pelanggan digital kini menyumbang 60 persen dari total pendapatan perusahaan.

Pertumbuhan langganan digital tersebut berkontribusi terhadap meningkatnya total pendapatan pada 2017 yang mencapai 8 persen menjadi 1,7 miliar, dan 10 persen pada kuartal IV menjadi 484 juta dollar.

The Times Company memiliki lebih dari 2,6 juta langganan digital (belum termasuk layanan cetak), yang mencakup produk berita, memasak dan teka-teki silang hingga akhir 2017.
Pendapatan dari pelanggan digital saja meningkat 46 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 340 juta dollar, dan meningkat 51 persen dibandingkan kuartal IV tahun lalu menjadi 96 juta dollar.

Pendapatan dari pelanggan sepanjang 2017 meningkat 15 persen dan naik 19 persen pada kuartal IV/2017 menjadi 269 juta dollar.

Mark Thompson, Chief Executive of The Times, mengatakan bahwa perusahaan senang dengan retensi kuat yang terus berlanjut setelah euforia pemilihan presiden 2016.

"Kami terus membuat kemajuan yang menggembirakan dan melihat gejolak bulanan yang jauh lebih rendah daripada beberapa tahun yang lalu," katanya.

Pada awal November tahun lalu, dia memuji kualitas jurnalisme di NY Times yang menurutnya bagai "angkatan laut dengan berbagai samudera" karena kemampuan NYTimes meliput isu internasional maupun nasional sekaligus mengerahkan jurnalis mereka untuk investigasi.

The Daily, podcast dari NYTimes, diunduh lebih dari 100 juta kali sejak Februari 2017.

Mereka kini tidak lagi mendasarkan bisnis pada usaha cetak. Pegawai di bagian "copy desk" sudah di-PHK dengan kompensasi. Times juga kemudian menyusun ulang newsroom.

G. Sulzberger, pemilik Times, saat menyambut tahun baru 2018 lewat editorial mengemukakan, tantangan saat ini adalah kepercayaan terhadap media menurun seiring teknologi yang mengagung-agungkan clickbait, rumor dan propaganda. Di sisi lain, para buzzer politik memanas-manasi masyarakat agar curiga terhadap pers.

Polarisasi yang makin besar telah membahayakan akal sehat, hal yang selama ini mengikat orang banyak menjadi suatu masyarakat.

"Times akan berusaha menyajikan berita paling penting lewat keingintahuan, keteguhan, dan empati," katanya.

"Kami yakin cara memperbaiki dunia adalah dengan mulai memahaminya," kata Sulzberger.

Times, menurut dia akan memegang teguh standard paling tinggi untuk independensi, akurat, dan tidak berat sebelah.

"Kami akan terus memberi jurnalis kami kesempatan untuk menggali suatu berita hingga berbulan-bulan, sekaligus juga untuk para ahli hukum menulis hukum, dokter menulis kesehatan, dan veteran menulis berita peperangan.

Pendapatan iklan digital meningkat 14 persen pada 2017 menjadi 238 juta dollar. Dalam tiga bulan terakhir, pendapatan iklan digital naik 9 persen menjadi 84 juta dollar, di mana saat ini berkontribusi 46 persen dari total pendapatan iklan perusahaan.

Target pendapatan

Dengan pendapatan digital lebih dari 600 juta dollar pada 2017, perusahaan ini semakin dekat untuk mencapai target pendapatannya sebesar 800 juta pada 2020.

Namun, The Times, masih terus menghadapi tantangan dalam iklan cetak. Pada 2017, pendapatan iklan cetak turun 14 persen menjadi 320 juta dollar.

Pendapatan iklan cetak untuk kuartal keempat turun 8 persen menjadi 98 juta dollar. Perusahaan mengatakan pendapatan iklan secara keseluruhan untuk tahun ini turun 4 persen menjadi 559 juta dollar. Pendapatan iklan untuk kuartal tersebut turun 1 persen.

"Kami masih menganggap periklanan sebagai aliran pendapatan yang penting. Namun, percaya bahwa fokus kami pada membangun hubungan yang baik dan dekat dengan pengguna berbayar, serta melibatkan diri dengan mereka, maka pendapatan jangka panjang akan mengalir dari hubungan tersebut, adalah cara terbaik untuk membangun bisnis berita yang sukses dan berkelanjutan,” ungkap Thompson.

Biaya operasi yang disesuaikan naik menjadi 376 juta dolar untuk kuartal IV/2017 dari 344 juta dollar.

Laba operasi yang disesuaikan naik menjadi 108 juta dollar untuk kuartal IV/2017, dibandingkan dengan 96 juta dollar untuk periode yang sama tahun sebelumnya. Laba operasional turun menjadi 23 juta dollar untuk kuartal ini, dari 56 juta dollar, sebagian karena biaya pensiun dan biaya operasional yang lebih tinggi.

Perusahaan melaporkan kerugian bersih $ 58 juta untuk kuartal IV.

Kuartal terakhir 2017 ditandai dengan perubahan signifikan pada surat kabar. Mantan penerbit Arthur Sulzberger Jr mengatakan bahwa dia telah menyerahkan kendali kepemimpinannya kepada anaknya Arthur Gregg Sulzberger, yang mengambil alih jabatan pada tanggal 1 Januari.

Perusahaan tersebut juga melanjutkan renovasi ke markas Manhattan, dengan lebih sedikit karyawan yang bergabung.

Dalam sebuah pengumuman terpisah, The Times mengatakan telah mencapai kesepakatan multiyears untuk mencetak dan mendistribusikan produk Newsday dari pabrik perusahaan di Queens. Demikian dilansir nytimes.com.