Muhammadiyah tawarkan 'Pilkada Produktif-Berkemajuan'

id Muhammadiyah Kalteng,H.M.Yamin Muhtar

Muhammadiyah tawarkan 'Pilkada Produktif-Berkemajuan'

Drs H Bulkani MPd (Foto UMP)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah merasa terpanggil untuk mewujudkan proses demokrasi yang produktif substansial pada pemilihan kepala daerah serentak nasional tahap II tahun 2018 yang berlangsung di 11 kabupaten/kota di Provinsi Kalteng.

Untuk menghimpun pemikiran bagi penguatan pilkada yang produktif dan lebih memberikan manfaat bagi proses perjalanan bangsa di Provinsi Kalteng, para tokoh dan kalangan ulama-intelektul Muhammadiyah secara khusus bertemu di Pusat Dakwah Muhammadiyah di Palangka Raya hingga Selasa (20/2) tengah malam.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalteng H.M.Yamin Muhtar,Lc,M.Ag kepada Antara di Palangka Raya, Rabu mengatakan pertemuan sejumlah unsur Persyarikan Muhammadiyah membahas dan inventarisir problema sosial, kemasyaratan, kebangsaan hingga melahirkan konsep "Kontribusi Muhammadiyah Bagi Pilkada Berkemajuan di Kalteng".

Konsep "Pilkada Produktif-Berkemajuan" dimaksud segera ditrasformasi dalam pola khas Persyarikatan Muhammadiyah yaitu silaturahim berupa diskusi dan berkomunikasi verbal atau tatap muka dengan semua pihak di Kalteng.

Distribusi konsep pemikiran Pilkada Berkemajuan juga diformat secara khusus kepada para figur calon kepala daerah 11 kabupaten/kota se-Kalteng dalam bentuk forum dialog dengan seluruh simpul Pergerakan Muhammadiyah se-Kalteng.

Sekretaris PWM Kalteng H.Syairi Abdullah menjelaskan, implementasi dari kegiatan "Kontribusi Muhammadiyah Bagi Pilkada Berkemajuan di Kalteng" dimulai dari menyediakan forum dialog Muhammadiyah dengan seluruh figur calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah ditetapkan KPU kabupaten/kota se-Kalteng.

Forum dialogis Muhammadiyah-Calon Kepala Daerah itu digelar sekitar pekan kedua Maret 2018, mulai dari mengundang secara bergantian empat pasangan calon kepala daerah peserta pilkada Kota Palangka Raya di Pusat Dakwah Muhammadiyah di Palangka Raya.

Selanjutnya forum dialogis dengan paslon kepala daerah di 11 kabupaten akan digelar di masing-masing kabupaten difasilitasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah setempat. Pengurus PWM Kalteng beserta Tim Panelis dan Tim Ahli dari Palangka Raya yang datang ke kabupaten yang sedang menjalani tahapan pilkda, secara bergantian hingga menjelang masa tenang pilkada.

Wakil Ketua PWM Kalteng yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) Dr.H.Bulkani,M.Pd menambahkan, Tim Panelis dan Tim Ahli disiapkan dari kalangan dosen dan peneliti.

Forum dialog dengan para calon kepala daerah dengan pola berbagi pemikiran, agar kepala daerah memiliki tambahan perspektif produktif sebagai pejabat publik dalam pelaksanaan tugas mulia lima tahunan .

Konsep pemikiran yang dibungkus dalam tema "Kontribusi Muhammadiyah Bagi Pilkada Berkemajuan di Kalteng" itu juga didistribusi dan dikomunikasikan dengan pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng, organisasi lintas agama, kemasyarakatan, lintas generasi dan semua elemen.

"Kita transformasi konsep dimaksud kepada semua pihak di Kalteng yang dibutuhkan dapat bersama berkontribusi bagi penguatan Provinsi Kalteng menuju cita-cita mulia yaitu untuk menciptakaan kemajuan daerah dan kesejahteraan bersama masyarakat secara nyata," kata Dr.Bulkani.

Rektor UMP sudah menugaskan Direktur Program Pascasarjana Magister Administrasi Publik UMP Dr.H.M.Yusuf,M.AP sebagai Koordinator Tim Panelis/ Tim Ahli bersama seluruh pengelola riset bidang politik, kebijakan publik, pendidikan, kesehatan, pertanian dan sejumlah riset bidang sosial dan keagamaan.

Rektor UMP Dr.Bulkani yang juga Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta dan pembina perguruan tinggi swasta di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng itu menyatakan akan melibatkan kalangan akademisi dan perguruan tinggi di kabupaten/kota se-Kalteng untuk terus berkontribusi bagi penguatan kepemimpinan publik di daerah masing-masing.