Penyebab karhutla di kawasan lingkar luar masih diselidiki

id karhutla, polres palangka raya

Penyebab karhutla di kawasan lingkar luar masih diselidiki

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar melakukan terjun ke lokasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Jalan Mahir Mahar lingkar luar, Selasa (20/2/18). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor Palangka Raya, Kalimantan Tengah masih menyelidiki adanya dugaan pembakaran hutan dan lahan seluas tiga hektar di kawasan Jalan Mahir Mahar lingkar luar.
  
"Kami masih melakukan penyelidikan dalam kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB di kawasan Jalan Mahir Mahar lingkar luar," kata Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul Rien Krisman Siregar, Selasa.

Timbul mengatakan, petugas juga memintai keterangan tiga orang warga menjadi saksi ketika terjadinya insiden kebakaran lahan itu.

Tidak hanya tiga orang saksi yang diperiksa, sejumlah pemilik nama seperti Mulyadi, Made, Sipet, Karya, Gunawan, Susi dan Yosep juga ditanya mengenai hal tersebut.

"Sampai saat ini kita masih menyelidiki dugaan ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh oknum tidak berbuat berkepentingan." katanya.

Sesuai dengan arahan presiden Joko Widodo, bahwa para pelaku pembakar hutan dan lahan, sehingga mengakibatkan bencana alam.

"Bagi mereka yang berani membakar lahan, tentunya akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku. Dan jangan sampai bencana kabut asap terjadi di kota kita. Mari masyarakat jangan sampai melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk sementara ini lantaran memasuki musim kemarau," pungkasnya.