177 keluarga prasejahtera dapat bantuan bibit ikan

id bibit ikan,pembudidaya ikan,keluarga prasejahtera

177 keluarga prasejahtera dapat bantuan bibit ikan

Kabid Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barsel, Jonny Ngindra. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 177 Keluarga Prasejahtera pembudidaya ikan di wilayah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, akan mendapatkan bantuan bibit ikan.

"Bibit ikan tersebut disalurkan kepada keluarga prasejahtera yang tersebar dilima Kecamatan," kata Kabid Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Jonny Ngindra, di Buntok, Selasa.

Ia mengatakan, adapun bibit ikan yang disalurkan kepada 177 pembudidaya ikan tersebut berupa ikan patin.

"Selain bibit ikan patin, kita juga akan memberikan bantuan kepada masyarakat berupa alat tangkap ikan," ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk jumlah bantuan bibit ikan pada 2018 ini sebanyak 92 ribu bibit ikan patin.

"Dari total jumlah tersebut, sebanyak 52 ribu bibit ikan pengadaannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," jelas Kabid Perikanan, Jonny Ngindra.

Sedangkan 40 ribu bantuan bibit ikan lanjut dia, bersumber dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Barito Selatan 2018.

Menurut dia, untuk bibit ikan yang bersumber dari dana DAK akan disalurkan kepada kelompok pembudidaya ikan diempat Kecamatan Dusun Selatan, Dusun Utara, dan Kecamatan Gunung Bintang Awai, serta Kecamatan Karau Kuala.

"Bantuan bibit ikan yang dianggarkan dari APBD 2018 ini disalurkan dilima kecamatan yakni Kecamatan Dusun Selatan, Dusun Utara, Gunung Bintang Awai, Karau Kuala, dan Dusun Hilir," tambah dia.

Ia berharap, dengan adanya bantuan tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.