Disbudpar Kotim tantang pengusaha garap peluang usaha ini

id wisata kotim, disbudpar kotim

Disbudpar Kotim tantang pengusaha garap peluang usaha ini

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur, Fajrurrahman. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, menantang pengusaha lokal dan luar daerah menggarap sektor pariwisata di kabupaten ini karena potensinya cukup besar.

"Jangan hanya berharap dari proyek-proyek infrastruktur dari pemerintah karena jumlahnya terbatas. Ini ada sektor pariwisata yang potensinya cukup besar. Ayo, pengusaha garap peluang ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur, Fajrurrahman di Sampit, Jumat.

Menurut Fajrurrahman, peran swasta sangat penting dalam membantu pengembangan pariwisata. Dengan dana yang terbatas, tidak mungkin pemerintah mampu menyediakan seluruh kebutuhan sektor ini, seperti penginapan, jasa transportasi, kuliner, hiburan dan lainnya.

Pemerintah daerah sangat serius mengembangkan pariwisata yang diwujudkan melalui program dan besarnya anggaran yang dialokasikan untuk sektor ini. Hal itu tidak terlepas dari tekad ingin menjadikan daerah ini sebagai tujuan wisata, khususnya di Kalimantan Tengah.

Keseriusan mengembangkan pariwisata dalam beberapa tahun terakhir, sudah menunjukkan perkembangan positif dengan terus meningkatnya jumlah wisatawan. Berbagai jenis peluang usaha pun kini bermunculan, mulai skala kecil hingga investasi besar.

Untuk itulah pemerintah daerah terus mengajak investor menanamkan investasinya di sektor pariwisata Kotawaringin Timur. Apalagi, kini perkembangannya cukup bagus sehingga peluangnya makin terbuka.

"Misalnya membuka usaha biro perjalanan wisata. Buat paket wisata yang menyesuaikan kalender event pariwisata daerah. Nanti kami akan fasilitasi agar pengusaha tidak banyak keluar modal namun hasilnya lumayan," ujar Fajrurrahman.

Menanggapi itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kotawaringin Timur, Susilo menyambut baik. Pihaknya juga mengundang pengusaha-pengusaha dari luar daerah untuk berinvestasi di Kotawaringin Timur, termasuk di sektor pariwisata.

"Pekan depan kami kedatangan tamu Kadin Kediri dan pemerintah daerah setempat. Ini salah satunya untuk tujuan berbagai promosi investasi dan pariwisata daerah. Saya juga memiliki usaha biro perjalanan di luar daerah, nanti akan saya kembangkan di sini juga," kata Susilo.

Kadin mendukung tekad pemerintah daerah mengembangkan pariwisata. Sektor ini memiliki peluang yang bagus dan bisa menjadi sektor andalan baru untuk membantu menopang perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.