Marc Marquez juarai balapan MotoGP Spanyol

id marc marquez,motogp spanyol

Marc Marquez juarai balapan MotoGP Spanyol

Marc Marquez (Istimewa)

Jerez, Spanyol (Antara/Reuters) - Pebalap Marc Marquez menjuarai balapan di negaranya sendiri Grand Prix Spanyol dan merebut posisi puncak klasemen pebalap MotoGP pada Minggu setelah para pesaing juara bertahan itu bertabrakan secara spektakuler.

Pebalap Honda itu dalam balapannya sendiri pada delapan putaran terakhir setelah pasangan Ducati Andrea Dovizioso, pemimpin klasemen pebalap sebelumnya, dan Jorge Lorenzo terlibat tabrakan dengan pebalap Honda Dani Pedrosa saat bertarung memperebutkan posisi kedua.

Pedrosa, yang menjalani operasi pergelangan tangan kurang dari sebulan lalu, terlempar dari motornya setelah mencoba menyalip dua pebalap Ducati tersebut.

 Lorenzo masuk melintasi tikungan saat Dovizioso melebar, bertabrakan dengan Pedrosa dan mengirim dua pebalap Ducati itu ke arena berpasir. Ketiga pebalap tersebut berjalan menjauh dari tempat kecelakaan.

Pebalap Prancis di tim Tech3 Yamaha Johann Zarco mendapat hadiah berada di posisi kedua, terpaut 5,241 detik, dan kini menjadi pesaing terdekat Marquez' dalam klasemen kejuaraan.

Juara dunia empat kali Marquez, yang memulai balapan dari posisi start kelima, kini mengantongi 70 poin setelah empat seri balapan, semetara Zarco mengumpulkan 58 poin. Dovizioso turun ke posisi kelima klasemen dengan 46 poin.

Pebalap Italia Andrea Iannone mencapai finis di posisi ketiga bagi tim Suzuki.

Pebalap senegaranya Valentino Rossi di posisi kelima di sirkuit Jerez di Spanyol selatan dalam sebuah balapan yang melihat dia mencapai tonggak sejarah dalam karirnya.

Rossi kini sudah melintasi 40.075km  dalam kompetisi selama 23 musim, dimulai pada 1996 di Grand Prix Malaysia.

Pebalap Britania Raya Cal Crutchlow memulai balapan dari posisi start terdepan di tim LCR Honda tapi gagal finis, kecelakaan di tikungan pertama setelah sembilan putaran dan berada di posisi keempat klasemen kejuaraan.