36 guru di Barut ikuti seminar proposal penelitian

id seminar penelitian,disdik barut

36 guru di Barut ikuti seminar proposal penelitian

Para guru peserta seminar Proposal Judul PTS/PTK foto bersama Sekdis Pendidikan Barito Utara Periansyah usai pembukaan seminar di aula SDN 2 Melayu Muara Teweh, Senin. (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) -  Sebanyak 36 guru dari tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengikuti seminar proposal judul Penelitian Pendidikan Sekolah (PTS) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

"Kegiatan ini sangat penting bagi guru maupun kepala sekolah negeri khususnya bagi guru yang sudah diangkat menjadi ASN dikarenakan sebagai salah satu syarat bagi ASN fungsional guru agar bisa naik pangkat," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Barito Utara (Barut), Periansyah saat membuka kegiatan di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Periansyah, PTS biasanya dikhususkan untuk untuk kepala sekolah dan PTK dikhususkan untuk ibu dan bapak guru.

Diharapkan para peserta seminar dapat menguasai materi penyusunan proposal PTK dan PTS, penulisan laporan PTK dan PTS, penyusunan makalah ringkasan hasil penelitian, penyusunan artikel ilmiah dan mengadakan seminar ilmiah.

"Sehingga tidak hanya sebagai syarat kenaikan pangkat bagi guru yang sudah menjadi ASN, PTK dan PTS juga untuk meningkatkan sumber daya manusia para tenaga pendidik," katanya.

Sementara Kepala Sekolah SDN Melayu 2, Siti Nurjanah mengatakan tujuan dari seminar ini adalah untuk melengkapi persyaratan kenaikan pangkat.

"Dimana dalam kenaikan pangkat ini persyaratannya harus melengkapi dengan membuat karya ilmiah seperti yang kita laksanakan pada hari ini yatu seminar proposal judul PTS dan PTK," kata dia.

Ketua panitia seminar, Kusdiyanto mengharapkan dalam kegiatan seminar proposal judul PTS/PTK ini para peserta bisa mendapatkan kemudahan dan keberhasilan, sehingga dalam langkah-langkah selanjutnya dengan mudah menyusun karya ilmiah untuk kenaikan pangkat.

Mengingat peserta yang yang mengikuti seminar ini ada yang dari tahun 2004 belum bisa naik pangkat, karena terkendala masalah karya ilmiah, dan pada saat ini kami mendapatkan peluang dan dapat dimanfaatkan sehingga kami bisa mendapatkan keberhasilan dengan diadakannya seminar ini.

"Harapan kami seminar pada hari ini kita semua mendapatkan keberhasilan dan kesuksesan dalam kenaikan pangkat,? ujar Kusdiyanto.