Lamandau-UMPR jalin kerja sama penelitian potensi daerah

id Umpr, Hendra Lesmana, kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah,Muhammad Yusuf

Lamandau-UMPR jalin kerja sama penelitian potensi daerah

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (empat kiri) dan Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf (tiga kiri) usia pertemuan di ruang kerja bupati di Nanga Bulik, Kamis (11/5/2023). (ANTARA/Rendhik Andika)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menjalin kerja sama penelitian terkait pemetaan dan pengembangan potensi di daerah setempat.

"Terima kasih kepada UMPR dan LKBN ANTARA yang datang ke Lamandau sebagai tindak lanjut kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya, salah satunya adalah terkait penelitian potensi daerah dan pengembangannya serta publikasinya," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Kamis.

Pernyataan itu diungkapkan Bupati Lamandau usai pertemuan dengan Rektor UMPR berserta jajaran dan LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah di ruang kerja bupati setempat.

Hendra mengatakan, kerja sama dengan kalangan akademisi di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dalam upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat serta meningkatkan laju pembangunan melalui optimasi potensi daerah.

Di sisi lain, Hendra Lesmana menambahkan, kerja sama tersebut juga akan diperluas dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai bidang di Kabupaten Lamandau.

Baca juga: FISIP UMPR-Pemprov Kalteng kolaborasi tingkatkan kualitas SDM desa

Misalnya meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidik dan pengajar, SDM aparatur pemerintahan negara (ASN), SDM tenaga kesehatan dan lain-lain. Caranya dengan mendorong SDM di kabupaten setempat melaksanakan pendidikan di perguruan tinggi swasta terbesar di Kalimantan Tengah.

"Apalagi kualitas SDM di berbagai sektor akan menentukan tingkat dan kualitas layanan kepada masyarakat, termasuk juga dalam mengoptimalkan pemanfaatan potensi daerah dan percepatan pembangunan daerah," kata Bupati Lamandau.

Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf mengatakan Kabupaten Lamandau menjadi bagian prioritas dalam mengkolaborasikan program akademik atau civitas akademika dengan program pemerintah.

"Kami menilai, Kabupaten Lamandau ini banyak potensi daerah yang lebih bisa dimaksimalkan dalam rangka peningkatan layanan masyarakat ataupun percepatan pembangunan," katanya.

Baca juga: UMPR-Inkindo jalin kerja sama tingkatkan SDM bidang jasa konstruksi

Apalagi, lanjut dia, dengan hadirnya pemimpin muda yang diperlukan untuk estafet kepemimpinan di Kalteng, Kabupaten Lamandau harus terus bisa maksimalkan berbagai potensi yang ada.

"Kerja sama dengan Pemkab Lamandau akan memperkuat upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat," kata Yusuf.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan semakin menjadikan Kabupaten Lamandau sebagai bagian dari aktivitas akademik yang dilaksanakan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Baik melalui penelitian, magang, program rekognisi pendidikan lampau (RPL), mahasiswa relawan, pengabdian masyarakat dan sebagainya.

"Tentu dalam setiap kegiatan harus disampaikan secara luas kepada masyarakat secara jelas dan terbuka. Tujuannya agar masyarakat juga ikut andil dalam pembangunan itu sendiri. Maka itu kami juga melibatkan LKBN ANTARA untuk menyebarkan informasi terkait kolaborasi UMPR dan Pemkab Lamandau," kata Yusuf.

Baca juga: Pemkab Sukamara segera anggarkan beasiswa bagi putra-putri daerah