Stadion ini diusulkan dibenahi berstandar nasional dengan biaya Rp150 miliar

id Stadion ini diusulkan dibenahi berstandar nasional dengan biaya Rp150 miliar,Stadion 29 november,KONI Kotim,Pemkab Kotim,Halikinnor

Stadion ini diusulkan dibenahi berstandar nasional dengan biaya Rp150 miliar

Stadion 29 November Sampit setiap hari selalu ramai warga yang berolahraga. Pemerintah daerah berencana membenahi stadion ini hingga berstandar nasional. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengusulkan bantuan perbaikan Stadion 29 November Sampit yang diperkirakan membutuhkan dana mencapai Rp150 miliar.

"Kami sudah mengajukan bantuan dana itu melalui dana alokasi khusus keolahragaan. Mudah-mudahan dikabulkan, jadi tahun 2019 akan dibenahi," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Rabu.

Stadion 29 November Sampit terletak di Jalan Tjilik Riwut, masih bisa digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga. Namun karena menjadi tempat terbuka paling besar di kawasan kota Sampit saat ini.

Stadion itu pun sering digunakan untuk kegiatan selain olahraga, seperti tempat upacara peringatan hari-hari besar, bahkan hingga konser musik.

Kondisi itu membuat sulit bagi pemerintah daerah merawat stadion tersebut agar menjadi stadion yang benar-benar representatif. Rumput stadion juga sering rusak sehingga kurang ideal digunakan untuk turnamen besar sepak bola.

Tahun ini pemerintah daerah rencananya memulai pembangunan arena "Sampit Expo" di lahan yang lokasinya berseberangan dengan Stadion 29 November Sampit. Jika selesai, tempat yang rencananya dibangun megah dengan biaya sekitar Rp40 miliar itu akan digunakan untuk berbagai kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, seperti pameran, konser bahkan hingga resepsi perkawinan.

"Setelah `Sampit Expo` selesai, semua kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, akan dipusatkan di sana. Tidak boleh lagi di Stadion 29 November Sampit. Jadi stadion dikhususkan untuk sepak bola dan olahraga lain yang memungkinkan. Stadion akan dibenahi sehingga bertaraf nasional," kata Halikinnor.

Pria yang juga Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Kotawaringin Timur itu menambahkan, fasilitas olahraga akan terus ditingkatkan. Itu merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah mendukung pengembangan olahraga.

Pemerintah daerah ingin prestasi olahraga Kotawaringin Timur kembali seperti masa kejayaannya dulu. Prestasi olahraga kabupaten ini diharapkan kembali menjadi barometer prestasi olahraga Kalimantan Tengah.

Saat ini fasilitas olahraga di Kotawaringin Timur, termasuk yang cukup lengkap. Hal itu didukung tersedianya akomodasi seperti hotel berbintang, hiburan, pariwisata serta semua jenis transportasi yang sangat mudah diakses.

Kondisi itu pula yang membuat Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berharap Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah pada 2022 dilaksanakan di Sampit.

Selain target menjadi tuan rumah yang baik dan menjadi juara umum, kegiatan itu nantinya juga untuk mendukung tekad menjadikan daerah ini sebagai tujuan wisata di Kalimantan Tengah.