Inspeksi mendadak ke pasar, ini temuan Bupati Supian Hadi soal harga

id Inspeksi mendadak ke pasar ini temuan Bupati Supian Hadi soal harga,Harga sembako,Pasar Mentaya Sampit,Bupati Kotim,Supian Hadi

Bupati Kotim H Supian Hadi memantau harga kebutuhan pokok di Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit, Rabu (16/5/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi mengakui ada kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadan ini, namun masih dalam batas kewajaran.

Memang ada beberapa komoditas harganya yang naik, seperti ayam cabai telur dan beberapa jenis ikan. Kenaikannya dalam batas wajar, tapi tetap kami pantau agar tidak sampai melonjak tinggi," kata Supian di Sampit Rabu.

Supian melakukan inspeksi mendadak memantau harga kebutuhan pokok di pusat perbelanjaan mentaya Sampit. Dia didampingi Kapolres AKBP Muhammad Rommel, Wakil Bupati HM Taufiq Mukri, Sekretaris Daerah Halikinnor dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Heru Rio Wibisono.

Supian berkeliling ke beberapa blok seperti penjual bumbu dapur hingga ke pasar ikan. Dia berbincang dengan pedagang terkait kondisi pasokan stok dan harga.

Dia dengan serius menyimak penjelasan pedagang terkait kenaikan harga sejumlah komoditas. Umumnya pedagang beralasan harga barang sudah mengalami kenaikan di tingkat agen atau pedagang besar sehingga mereka juga harus menyesuaikan harga agar bisa tetap mendapat keuntungan.

Menyikapi kondisi ini, pemerintah daerah terus memantau ketersediaan stok barang di tingkat distributor. Pemerintah meminta distributor memperkirakan peningkatan permintaan dan mengimbanginya dengan stok agar harga tidak melonjak tinggi.

Pemerintah daerah akan meningkatkan koordinasi dengan Satuan Tugas Pangan Polres Kotawaringin Timur. Langkah ini sebagai upaya pengawasan bersama untuk mencegah terjadinya penyelewengan.

"Kalau ada yang menimbun sembako sehingga terjadi kelangkaan barang, tentu akan ada sanksi tegas. Polisi pasti tidak akan tinggal diam jika ada penyelewengan itu," kata Supian, diiyakan Kapolres AKBP Mohammad Rommel.

Beberapa barang yang mengalami kenaikan di antaranya bawang merah dari Rp35.000 menjadi Rp38.000 per kilogram, bawang putih Rp28.000 menjadi Rp34.000 per kilogram, cabai Rp35.000 menjadi Rp45.000, ayam potong Rp36.000 menjadi Rp38.000, ikan jelawat Rp55.000 jadi Rp60.000, ikan selar Rp40.000 menjadi Rp45.000 dan daging sapi Rp120.000 per kilogram.

"Kenaikan terasa dalam seminggu terakhir. Harga di agen sudah naik, makanya kami juga mengikuti. Kami tidak tahu apakah nanti harga akan naik lagi atau tidak saat Ramadhan," kata Ermawati, salah seorang pedagang.

Sementara itu, suasana Pusat Perbelanjaan Mentaya lebih ramai dibanding biasanya. Warga umumnya membeli kebutuhan lebih banyak dari biasanya untuk persiapan selama Ramadhan.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar