Pemkab Barut turunkan tim cek makanan ramadhan

id cek makanan ramadhan,pemkab barut

Pemkab Barut turunkan tim cek makanan ramadhan

Kepala Dinas Kesehatan Barut H Robansyah (tengah) saat foto bersama tim kesehatan dalam rangka memeriksa kualitas makanan yang dijual oleh para pedagang selama bulan Ramadhan, Jumat (18/5/18). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Kami minta kepada konsumen dapat menjadi konsumen cerdas yang dapat memilih makanan yang baik dan sehat
Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menurunkan tim untuk melakukan pengecekan kualitas makanan yang dijual para pedagang selama bulan Ramadhan di beberapa tempat di daerah setempat.

"Pengecekan tersebut dengan cara mengambi sample-sample makanan yang dijajakan, untuk dilakukan pengujian laboratorium di BPOM Palangka Raya," kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Robansyah di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Robanyah, apabila ditemukan makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti borak dan formalin akan dilakukan pembinaan terhadap pedagang tersebut.

Sehingga, katanya dengan dilakukan pengecekan makanan ini dapat memberikan jaminan keamanan pangan selama bulan ramadhan, apalagi sampai terjadi keracunan dan sebagainya.

"Kami minta kepada konsumen dapat menjadi konsumen cerdas yang dapat memilih makanan yang baik dan sehat," katanya.

Dia juga meminta kepada para pedagang baik makannan dan minuman, diharapkan tidak menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya dan juga makanan yang sudah tidak layak konsumsi kepada masyarakat.

"Apalagi saat bulan Ramadhan ini banyak makanan dan minuman dijual warga untuk makanan berbuka puasa yang kesehatan dan higienenya perlu dijaga," katanya.

Pada bulan puasa tahun 2018 ini Pemkab Barito Utara kembali menyediakan lokasi pasar wadai atau kue Ramadhan di kawasan Water Front City Jalan Panglima Batur Muara Teweh yang ditempat 60 pedagang.

Lokasi pedagang berjualan kue ini juga tersebar di sejumlah tempat keramaian lainnya seperti Jalan Ahmad Yani atau kawasan bundaran Patung Nelayan, Jalan perempatan Jalan Sengaji dan tempat lainnya.