JCH Barito Timur diminta jaga kesehatan dan konsumsi makanan sehat

id JCH Barito Timur diminta jaga kesehatan dan konsumsi makanan sehat, kalteng, Bartim, Barito Timur, haji

JCH Barito Timur diminta jaga kesehatan dan konsumsi makanan sehat

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur Ahmadi. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Ahmadi mengimbau seluruh jamaah calon jamaah haji (JCH) untuk menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

“Supaya kuat dalam mengikuti proses haji hingga pelaksanaan haji di Mekkah nanti,” kata Kepala Kemenag Barito Timur, Ahmadi di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, saat ini para JCH sedang mengikuti manasik haji yang diselenggarakan Kemenag Barito Timur. Bimbingan manasik haji dilaksanakan selama delapan hari dengan delapan kali pertemuan dan dibagi menjadi dua lokasi yakni di Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur dan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah.

“Bimbingan manasik haji sudah dilaksanakan mulai Jumat (19/4) dan berakhir pada Jumat (26/4),” kata Ahmadi.

Untuk di Tamiang Layang dipusatkan di Aula Gedung PLHUT Kemenag Barito Timur diikuti 71 JCH yang berasal dari Kecamatan Dusun Timur, Benua Lima, Patangkep Tutui, dan Paju Epat. Sedangkan di Ampah Kota dipusatkan di KUA Dusun Tengah diikuti 44 JCH yang berasal dari Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Raren Batuah.

Baca juga: Pemkab Bartim laksanakan aksi konvergensi penanganan stunting 2024

Awalnya ada 116 JCH yang sudah siap mengikuti proses tahapan, namun karena ada satu orang yang meninggal dunia berasal dari Desa Batuah Kecamatan Raren Batuah dikarenakan sakit, sehingga JCH Barito Timur saat ini berjumlah 115 orang.

Keseluruhan JCH saat ini sedang mengikuti proses bimbingan manasik dengan memusatkan perhatian dan fokus pada tahapan bimbingan yang diberikan.

“Setelahnya mereka para JCH akan diberangkatkan dengan Kelompok Penerbangan (Kloter) 5 (lima) bersamaan dengan rombongan jamaah lainnya dari Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kapuas  dengan total jumlah jamaah sebanyak 320 orang,” kata Ahmadi.

Untuk rombongan jamaah direncanakan berangkat dari Tamiang Layang pada Kamis (16/5)ke Syamsudin Noor Banjarmasin dan langsung diberangkatkan ke Mekkah.

“Untuk itu saya himbau kembali agar para jamaah menjaga kesehatan dengan olahraga dan makan makanan yang sehat agar bisa melaksanakan proses haji nanti,” kata Ahmadi.

Baca juga: Asisten I akui BPK RI audit terperinci laporan keuangan Pemkab Bartim TA 2023

Baca juga: Pj Bupati Bartim pastikan ketersediaan bahan pokok aman selama Lebaran 2024

Baca juga: DPKP Bartim dan Kodim 1012 Buntok sepakati optimasi lahan rawa