Pj Bupati Bartim pastikan ketersediaan bahan pokok aman selama Lebaran 2024

id Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, Barito Timur, bartim, kalteng

Pj Bupati Bartim pastikan ketersediaan bahan pokok aman selama Lebaran 2024

Pj Bupati Bartim Indra Gunawan (peci hitam) berdialog dengan pedagang daging ayam di Pasar Beringin Ampah, Jumat (5/4/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan menyatakan bahwa dirinya telah mengunjungi sejumlah pasar tradisional dan lainnya, sebagai upaya memastikan ketersedian bahan pokok menjelang hingga lebaran tahun 2024.

"Saya sudah berkunjung ke Pasar Beringin Ampah dan hasilnya bahan pokok di kabupaten ini aman dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama ramadhan hingga lebaran," kata Indra Gunawan usai mengunjungi Pasar Ampah, Jumat.

Menurutnya, sejumlah penjual di Pasar Beringin juga sempat diajak komunikasi untuk mengetahui sejumlah harga barang-barang kebutuhan pokok. Hasil pantauan di lapangan ada beberapa kebutuhan pokok yang naik. Dan para pedagang mengakui adanya kenaikan harga. Kenaikan terjadi karena permintaan yang tinggi dan ketersediaan barang yang terbatas.

"Namun, kenaikan harga tersebut tidak signifikan sehingga tidak menyulitkan masyarakat dalam membeli," kata Indra.

Dirinya pun mencontohkan, kenaikan harga pada beberapa barang diantaranya ayam potong, daging sapi, dan beras. Kenaikan harga masih dalam batas wajar. Kemudian beras premium yang mencapai harga Rp18 ribu per kilogram, sementara beras biasa tetap bertahan pada harga yang stabil.

Meskipun demikian, kata Indra, suasana pasar tetap kondusif dan bersih. Hal ini memungkinkan semua lapisan masyarakat untuk melakukan pembelian dengan nyaman.

"Keamanan dan ketertiban juga terjaga dengan baik, menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para pembeli," kata Indra.

Baca juga: DPKP Bartim dan Kodim 1012 Buntok sepakati optimasi lahan rawa

Sebelumnya, Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan bersama Kapolres AKBP Viddy Dasmasela meninjau Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Pasar Panas Kecamatan Benua Lima, sera gardu induk pembagi suplai listrik di PLN Rayon Tamiang Layang.

Posko pelayanan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah itu merupakan kolaborasi TNI, Polres Barito Timur, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan Barito Timur.

Pemerintah setempat bersama polres telah menyiapkan pos-pos mudik yang didirikan di beberapa titik di wilayah Kabupaten Barito Timur yakni di Ampah Kota tepatnya di depan Kantor Kecamatan Dusun Tengah, di lokasi Pasar Temanggung Djaja Karti di Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur dan di depan  Puskesmas Pasar Panas, Taniran, Kecamatan Benua Lima.

Baca juga: Jelang Lebaran, harga tiket kapal laut dan pesawat mengalami peningkatan

Baca juga: Optimasi lahan rawa tingkatkan produksi padi di Barito Timur

Baca juga: Kepala OPD di Bartim harus proaktif cari solusi jika ada permasalahan di masyarakat