Pendidikan, Pariwisata, dan Infrastruktur jadi andalan Rusli-Rogas

id Pilkada Palangka Raya,pasangan Rusliansyah dan Rogas

Pendidikan, Pariwisata, dan Infrastruktur jadi andalan Rusli-Rogas

Pasangan Rusliansyah (kiri) dan Rogas Usup (kanan) saat mendaftar sebagai bakal calon pada Pilkada 2018 ke KPU Kota Palangka Raya, Senin (8/1/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Pasangan independen ini juga menyatakan pasti mensinergikan program pembangunan dengan Visi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail, yakni Kalimantan Tengah Maju, Mandiri, Adil untuk Kesejahteraan Segenap Masyaraka
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palangka Raya dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan, ada empat pasang calon yang nantinya
akan bersaing untuk memperebutkan posisi nomor satu di Kota itu. Menariknya Pilkada kali ini diikuti oleh satu pasangan yang lolos melalui jalur perseorangan.

Rusliansyah - Rogas Usup adalah satu-satunya pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya yang berhasil lolos dan ditetapkan melalui jalur perseorangan. Pasangan
itu akrab disapa 2R oleh kalangan tim sukes, relawan, dan simpatisannya.

2R dalam proses mencari dan mengambil simpatik masyarakat pada Pilkada ini mengandalkan peningkatan bidang pendidikan, pariwisata, dan infrastruktur yang menjadi  program andalan untuk melakukan pengembangan dan memajukan pembangunan di Palangka Raya.

Pasangan independen ini juga menyatakan pasti mensinergikan program pembangunan dengan Visi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib
Ismail, yakni Kalimantan Tengah Maju, Mandiri, Adil untuk Kesejahteraan Segenap Masyarakat Menuju Kalimantan Tengah Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).

Hal itu penting karena sinergitas program antara pemerintah kota, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat akan menjamin terwujudnya percepatan pembangunan demi kepentingan dalam mensejahteraan masyarakat khususnya di Kota Palangka Raya.

2R, membawa visi "Terwujudnya Kota Palangka Raya Sebagai Kota Pendidikan, Bisnis, Jasa, dan Kepariwisataan Yang Berwawasan Lingkungan Dengan Kearifan Kebhinekaan, Keberagaman dan Kearifan Lokal".

Melalui visi itu 2R bertekad untuk bekerja keras dengan tujuan mensejahterakan masyarakat Kota Palangka Raya serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berkepribadian sehingga dapat memajukan serta membangun daerah kelahirannya.

Rusliansyah mentargetkan bidang pendidikan di Palangka Raya akan menyamai dengan kualitas di Pulau Jawa, serta meratakan sarana serta prasarananya antara yang diperkotaan
dan di pinggiran.

"Kami memikirkan bukan hanya tingkat SD, SMP, dan SMA saja yang harus tingkatkan. Tapi sampai perguruan tinggi dan universitas harus kita bantu tingkatkan kualitasnya,
sehingga masyarakat percaya untuk melanjutkan pendidikan anaknya tidak ke luar Palangka Raya," ucap Rusli.
 
Rusliansyah calon Wali Kota Palangka Raya. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Kemudian, pada bidang pariwisata, Rusli berangan-angan nanti akan ada tiga zonasi pariwisata andalan. Pertama kawasan Sei Gohong yang mengandalkan potensi keasrian hutan
alamnya, kedua Kereng Bangkirai, mengandalkan wisata kapal susur sungai, dan ketiga lokasi pinggir sungai Flamboyan bawah.

"Kami sudah punya program memajukan pariwisata di tiga daerah tersebut. Nantinya masyarakat lokal juga akan dilibatkan penuh terhadap pengelolaanya, dengan harapan bisa membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan perekonomian warga sekitar," ujar Rusli.

Program utama 2R sendiri adalah menjamin tidak ada lagi jalan rusak dan berlubang di Kota Palangka Raya. Pihaknya menargetkan dua tahun semua jalan yang rusak dan berlubang sudah mulus.

"Kalau melihat kemampuan APBD Kota Palangka Raya, banyaknya jalan berlubang tersebut dapat diselesaikan dalam waktu dua tahun. Sisa kepemimpinan kami juga akan dipergunakan untuk meningkatkan infrastruktur di seluruh kawasan Kota Palangka Raya secara merata dengan skala prioritas," jelasnya.

2R menjamin ketika terpilih pada 27 Juni mendatang, setiap program pembangunan akan dilaksanakan secara merata dengan tidak tebang pilih antara yang daerah kota atau pinggiran.

Program penyelesaian rencana tata ruang wilayah kota harus diselesaikan dalam waktu secepat mungkin, sehingga pemetaan program pembangunan menjadi lebih rapi. Khususnya
dalam menjaring pengusaha yang ingin berinvestasi di Palangka Raya.

"Meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utama kami, sehingga melalui program peningkatan kualitas SDM pada bidang kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, dan iman serta takwa, hal itu merupakan aset masa depan daerah," demikian Rusli.

Penyusun: Rachmat Hidayat