Amankan Idul Fitri, Polres Seruyan gelar Operasi Ketupat Telabang 2018

id Polres seruyan,operasi ketupat,Polres seruyan apel gelar pasukan operasi ketupat,Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting,Amankan Idul Fitri, Polres

Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting didampingi sejumlah perwira,Sekda Seruyan Haryono, personel TNI dan Kejaksaan saat memeriksa kesiapan sarana dan prasarana Operasi Ketupat Telabang 2018 di halaman Mapolres Seruyan, Rabu (6/6/18). (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Telabang 2018 di halaman Mapolres setempat.

Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting di Kuala Pembuang, Rabu, mengatakan, operasi yang akan berlangsung mulai 7 Juni hingga 24 Juli mendatang bertujuan mengamankan seluruh aktivitas masyarakat selama Idul Fitri 1439 Hijriah, baik di jalan raya bagi pemudik, mereka yang berlebaran maupun objek wisata serta tempat-tempat keramaian lainnya.

"Kami mendirikan empat posko, terdiri atas tiga posko pelayanan dan satu posko pengamanan," katanya.

Mantan Kepala Detasemen B Brimob Polda Kalteng ini menjelaskan, satu posko pengamanan akan didirikan di Lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang, dan tiga posko pelayanan didirikan di Objek Wisata Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya Jalan Jenderal Sudirman Km 65 arah Sampit-Pangkalan Bun, dan di Desa Pembuang Hulu Kecamatan Hanau.

"Selama operasi, jumlah personel yang kami turunkan sebanyak 180 personel, terdiri atas personel gabungan Polres Seruyan beserta jajaran termasuk Polsek," katanya.

Ia menambahkan, selain personel kepolisian, operasi yang telah menjadi agenda rutin tahunan ini rencananya juga akan melibatkan unsur lain seperti TNI, Satpol PP, Dinas Pehubungan (Dishub), Dinas Kesehatan, serta Sentra Komunikasi (Senkom) Polri.

"Kami berharap dengan adanya dukungan serta pihak lain yang ikut terlibat maka operasi untuk mengamankan Lebaran ini dapat berjalan lancar," katanya.

Polres Seruyan juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Seruyan agar memperbaiki sejumlah jalan rusak atau berlubang yang bakal dilalui masyarakat saat arus mudik maupun balik.

"Kalaupun tidak diperbaiki, paling tidak nanti instansi terkait dapat menyiapkan papan peringatan sehingga masyarakat dapat berhati-hati saat melewati jalan yang rusak atau berlubang," katanya.

Ia mengemukakan, sejauh ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di "Bumi Gawi Hatantiring" masih kondusif, dan ia berharap agar warga dapat berperan aktif untuk menjaga situasi kondusif tersebut.

"Kami berharap warga Seruyan ikut mendorong dan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Tanpa peran aktif dari warga, tugas polisi untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif akan terasa berat," katanya.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar